Selasa 06 Jun 2023 16:25 WIB

Pil AstraZeneca Tampak Manjur Tekan Angka Kasus Kematian Akibat Kanker Paru

Obat kanker paru bernama osimertinib itu dijual dengan merek Tagrisso.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto rontgen paru (Ilustrasi). Osimertinib bekerja dengan menargetkan reseptor spesifik yang membantu pertumbuhan sel kanker paru.
Foto:

Pil Tagrisso berfungsi sebagai saklar untuk mematikan reseptor yang bermutasi. Sekitar 10 hingga 15 persen kasus kanker paru-paru di AS memiliki mutasi EGFR, meski lebih umum di Asia dan Australia.

Mutasi biasanya terdeteksi pada orang dengan sedikit atau tanpa riwayat merokok. Profesor onkologi di Johns Hopkins Medicine, Patrick Forde, mengatakan bahwa sebelum tersedianya perawatan yang ditargetkan seperti Tagrisso, pasien dengan kanker paru stadium satu sampai tiga biasanya menerima kemoterapi setelah operasi.

Kemoterapi meningkatkan peluang pasien untuk bertahan hidup sekitar lima persen, jika dibandingkan dengan pasien yang tidak menerima kemoterapi. Dokter mungkin masih merekomendasikan kemoterapi dan Tagrisso setelah operasi.

Hanya saja, dibandingkan dengan kemoterapi, Tagrisso hadir dengan efek samping utama yang lebih sedikit. Beberapa orang yang mengonsumsi pil itu mengalami ruam kulit dan diare ringan, tetapi secara keseluruhan obat dapat ditoleransi dengan cukup baik.

Jill Feldman, seorang pasien kanker paru-paru dari Deerfield, Illinois, AS, yang telah menggunakan Tagrisso selama lebih dari empat tahun, mengatakan bahwa kankernya telah berhenti berkembang. Meski obat itu sangat membantu, dia mengatakan ada efek samping yang terjadi.

Sejak mulai mengonsumsi obat, Feldman yang kini berusia 53 tahun mengalami diare dan sariawan. Dia juga didera kelelahan dan infeksi kulit di bantalan kukunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement