Senin 05 Jun 2023 15:07 WIB

Lelah dan Pegal Habis Nonton Konser? Begini Cara Mengatasinya

Rasa lelah dan pegal-pegal justru hadir keesokan harinya setelah menonton konser.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Konser musik (ilustrasi). Biasanya setelah menonton konser, badan terasa lelah dan pegal. Pakar kesehatan memberikan cara untuk mengatasinya.
Foto: ANTARA FOTO
Konser musik (ilustrasi). Biasanya setelah menonton konser, badan terasa lelah dan pegal. Pakar kesehatan memberikan cara untuk mengatasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menonton festival musik atau konser musisi favorit memang menyenangkan. Melihat secara langsung aksi panggung sang idola membuat seseorang tidak merasa lelah meski harus berdiri dalam waktu lama atau mengantre masuk venue.

Biasanya rasa lelah dan pegal-pegal justru hadir keesokan harinya. Padahal, seseorang harus kembali ke rutinitas harian, seperti bekerja atau menempuh studi. Kabar baiknya, para pakar kesehatan berbagi tip mengatasi kelelahan setelah nonton konser.

Baca Juga

Dikutip dari laman Metro, Senin (5/6/2023), para pakar kesehatan menyebut pemulihan tubuh setelah berjingkrakan di konser dan festival sangat penting. Berikut saran sejumlah ahli supaya seseorang bisa cepat pulih dan beraktivitas kembali dengan bugar:

1. Asupan antioksidan

 

Ahli gizi di Nutrition Geeks, Kate Booker, menyarankan untuk menyantap makanan yang kaya antioksidan. Misalnya, membuat smoothies dari buah dan sayuran berwarna untuk perbaikan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang dia rekomendasikan, antara lain, asparagus, terong, alpukat, bit, butternut squash, wortel, seledri, cukini, adas, zaitun, kol merah, kacang polong, paprika merah, ubi jalar, dan tomat. Makanan yang meningkatkan glutathione (antioksidan alami dalam tubuh) juga bisa jadi opsi. Misalnya, alpukat, asparagus, kenari, milk thistle, jinten, dan kunyit.

"Lever bekerja keras untuk mendetoksifikasi sehingga akan sangat membantu untuk memberikan dukungan ekstra dari waktu ke waktu," ujar Booker.

1. Makan kiwi

Ahli gizi utama di Dr Vegan, Shona Wilkinson, menyebut kiwi adalah pilihan terbaik untuk pemulihan tubuh seusai kelelahan menonton festival. Buah itu, dia menyebut, mengandung jenis serat yang unik, menyediakan sumber makanan untuk probiotik di dalam usus, dan mendorong produksi asam lemak rantai pendek.

"Kiwi menyehatkan usus dan mengontrol tingkat peradangan di seluruh tubuh, terutama pada kulit. Kiwi juga mendorong fungsi usus yang baik, yang penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh," kata Wilkinson. Makan bawang merah dan bawang putih dalam kondisi mentah juga disebutnya membantu detoksifikasi hati karena mengandung belerang.

2. Hindari kopi

Menurut Wilkinson, seseorang yang baru menonton konser mungkin merasa sedikit lebih kembung dari biasanya. Sebagai solusinya, dia menyarankan tidak minum kopi dulu untuk sementara waktu, khususnya pada pagi hari.

"Kafein merangsang sekresi asam lambung, membuat perut jadi tidak nyaman. Ganti kopi dengan smoothies buah atau teh herbal untuk mengurangi kembung dan mengembalikan kondisi tubuh," ujarnya.

3. Lakukan peregangan

Jika kaki terasa sakit karena banyak menari dan bergerak saat nonton konser, melakukan peregangan tubuh bisa membantu mengendurkan otot dan meredakan ketegangan. Saran itu disampaikan oleh pelatih personal Zach Kingsbury, yang juga merupakan asisten manajer gym di PureGym Cambridge.

"Coba lakukan setidaknya dua kali peregangan masing-masing pada paha belakang, pantat, paha depan, dan betis dalam satu sesi. Ingat, peregangan ini harus terasa santai dan tidak melelahkan," kata Kingsbury.

4. Jalan kaki dan yoga

Berjalan kaki dan yoga juga dapat membantu mempercepat pemulihan, menurut Hannah Kerridge dari PureGym Colchester. Saran lain yang disebutkan Kerridge yakni mandi air hangat dan menempelkan kompres dingin ke area tubuh yang terasa pegal atau sakit.

Kerridge mengingatkan untuk minum air putih dalam jumlah cukup dan tidur lebih awal seusai kelelahan menyimak festival musik. "Jangan terlalu memaksakan diri kembali ke rutinitas, dan perhatikan tanda-tanda cedera atau kelelahan yang berlebihan," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement