Ahad 04 Jun 2023 20:06 WIB

Terobosan Besar, Tes Darah Ini Mampu Deteksi 50 Jenis Kanker

Saat ini, hanya ada lima jenis kanker yang memiliki alat uji yang direkomendasikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pita pink simbol kesadaran akan bahaya kanker payudara (ilustrasi). Ilmuwan kembangkan tes Galleri untuk deteksi kanker.
Foto:

Tes Galleri dilakukan untuk mencari perubahan pada cell-free DNA yang mengindikasikan keberadaan kanker. Selain itu, tes Galleri juga dilakukan untuk mengidentifikasi lokasi awal kanker, seperti dilansir Healthline.

Saat ini, hanya ada lima jenis kanker yang telah memiliki rekomendasi tes skrining. Kelima jenis kanker tersebut adalah kanker payudara, kanker kolorektal, kanker paru, kanker serviks, dan kanker prostat.

Dr Richard Lee dari Royal Marsden Hospital menilai tes MCED seperti tes Galleri bisa mempercepat ditegakkannya diagnosis kanker, khususnya pada kelompok berisiko tinggi. Akan tetapi, studi lebih lanjut masih diperlukan sebelum tes MCED dipergunakan secara luas.

"(Tes MCED) masih menjadi tes untuk penelitian dan belum siap untuk digunakan dalam rutinitas klinis, tetapi bisa menjadi perangkat yang sangat penting untuk mendiagnosis kanker di kemudian hari," ungkap dr Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement