Jumat 02 Jun 2023 17:11 WIB

Memahami Makna Skor Indeks Ultraviolet, Nomor Berapa Paling Berbahaya?

Indeks UV mengukur seberapa kuat sinar matahari pada siang hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Indeks Ultraviolet dimulai dari nol, yaitu pada tengah malam saat gelap hingga ke level ekstrem 11/ilustrasi
Foto: AP/Frank Augstein
Indeks Ultraviolet dimulai dari nol, yaitu pada tengah malam saat gelap hingga ke level ekstrem 11/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Indeks UV seringkali dapat ditemukan dalam prakiraan cuaca. Namun, ada waktu-waktu tertentu dalam sehari ketika Anda paling berisiko dari paparan sinar UV.

Indeks UV (skor untuk mengukur seberapa kuat sinar matahari pada siang hari) menunjukkan seberapa besar dan cepat kemungkinan Anda terkena sengatan matahari. Angkanya berkisar dari 0 hingga 11.

Baca Juga

Dilansir Daily Mail pada Jumat (2/6/2023), perlindungan matahari direkomendasikan ketika indeks UV adalah skor 3 atau lebih tinggi. Skor tersebut tidak mengukur seberapa panasnya, melainkan seberapa kuat sinar ultraviolet (UV) matahari pada waktu yang berbeda dalam satu hari, memungkinkan orang mengambil tindakan untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan akibat sinar matahari dan luka bakar.

Indeks UV dimulai dari nol, yaitu pada tengah malam saat gelap hingga ke level 1 yang digambarkan sebagai ekstrem.

Berikut adalah cara untuk memahami indeks UV tersebut:

Skor 1-2 

Anda masih bisa berada di luar dengan aman tetapi Anda harus mempertimbangkan tabir surya jika berada di bawah sinar matahari langsung

 

Skor 3-5 

Iniadalah saat tingkat perlindungan Anda menjadi lebih penting. Tabir surya disarankan oleh para ahli pada level ini, dan Anda harus berhati-hati saat menghabiskan waktu di luar pada tengah hari.

 

Skor 6-7

Risiko luka bakar Anda meningkat pada skor 6 hingga 7. Anda disarankan untuk mencari tempat berteduh selama tengah hari, menutupi tubuh, dan mengoleskan tabir surya.

 

Skor di atas 7 atau 8 

Skor tersebut dianggap sangat tinggi, artinya Anda lebih mungkin terkena sengatan matahari. Ketika UV nol, aman untuk tetap berada di luar untuk waktu berapa pun tanpa perlindungan. 

 

Skor 8-10 

Ini digolongkan sebagai UV tinggi dan menutupi dengan pakaian, topi, dan tabir surya dianggap penting. Anda juga harus menemukan tempat teduh dari jam 11.00 sampai jam 15.00. 

 

Skor UV 11 

Ini adalah tingkat risiko sengatan matahari tertinggi, di mana para ahli merekomendasikan Anda untuk tetap berada di dalam rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement