Selasa 30 May 2023 14:05 WIB

Trik Pilih Warna Foundation Agar Cocok dengan Kulit Wajah

Jika salah memilih warna foundation, justru membuat warna kulit menjadi kusam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cara memilih foundation tidak bisa sembarangan, karena jika salah memilih warna foundation justru dapat membuat tampilan warna kulit menjadi kusam, pucat, belang atau bahkan abu-abu.
Foto: Unsplash
Cara memilih foundation tidak bisa sembarangan, karena jika salah memilih warna foundation justru dapat membuat tampilan warna kulit menjadi kusam, pucat, belang atau bahkan abu-abu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foundation merupakan salah satu jenis produk makeup yang paling digemari wanita dan berfungsi untuk memberikan warna kulit yang tampak lebih merata, halus, dan cerah. Sehingga cara memilih foundation tidak bisa sembarang, karena jika salah memilih warna foundation, justru dapat membuat tampilan warna kulit menjadi kusam, pucat, belang, bahkan abu-abu.

Agar tidak salah pilih warna foundation, simak tip berikut dari Absolute New York.

Baca Juga

1. Cek warna dasar kulit Anda

General Manager Sales and Marketing Absolute New York Agnes Amelia menyarankan untuk mengenali warna dasar kulit Anda sebelum memilih shade foundation. Warna lapisan bagian bawah kulit atau undertone terdiri atas tiga kategori, yaitu cool undertone, warm undertone, dan neutral undertone. Ketiga undertone ini memiliki karakternya tersendiri sehingga Anda tidak bisa secara asal memilih shades untuk kulit Anda.

Cara mengetahui undertone kulit sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengangkat pergelangan tangan di bawah sinar matahari atau sinar lampu, lalu lihatlah pembuluh darahmu. Bila pembuluh darah berwarna kebiruan atau ungu, berarti Anda memiliki cool undertone. Bila pembuluh darah berwarna hijau, berarti jenis undertone Anda warm dan bila warna pembuluh darah Anda campuran hijau dan biru, kamu memiliki undertone netral.

 

2. Coba di kulit

Cara yang tepat untuk mengetahui warna foundation yang cocok untukmu ialah mencobanya di kulit, tapi bukan di kulit tangan. Bagian terbaik untuk mencoba foundation ialah di antara leher dan rahang sehingga Anda dapat menemukan warna yang paling sesuai dengan kulit wajah dan lehermu.

 

3. Coba foundation di tempat terang

Carilah tempat yang memiliki cahaya alami yang terang sehingga Anda tidak kekurangan cahaya saat mencoba foundation di kulitmu. Karena jika mencoba di tempat yang minim cahaya dapat mengakibatkan kamu salah memilih warna foundation.

 

4. Tunggu hingga beberapa menit

Ketika mencoba foundation, sebaiknya tunggulah hingga 1 sampai 2 menit untuk mengetahui apakah warna pada foundation teroksidasi atau tidak. Jika terdapat efek oksidasi sebaiknya pilih 1 tingkat lebih terang dari warna kulitmu, karena efek oksidasi dapat membuat warna foundation menjadi lebih gelap.

 

Pilihan produk foundation terbaru

Pada 2023 ini, Absolute New York secara resmi merilis varian produk foundation terbarunya, yaitu Flawless Face Foundation Primer, Full Cover Liquid Matte Foundation, 2 in 1 Foundation + Concealer, dan HD Flawless Powder Foundation.

Tidak hanya berfungsi sebagai makeup yang selalu mengikut trend makeup dunia, seluruh produk Absolute New York juga sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan dari turunan hewan, bebas paraben, bebas gluten, fragrance free, serta bebas phthalates.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement