Sabtu 27 May 2023 16:27 WIB

Ada di Fast X, Lagu 'See You Again' Ingatkan Penonton dengan Mendiang Paul Walker

Lagu 'See You Again' diputar di film Fast X dengan nada-nada piano.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Vin Diesel saat berperan sebagai Dom Toretto di film Fast X. Lagu See You Again muncul di film Fast X.
Foto: Universal Pictures
Vin Diesel saat berperan sebagai Dom Toretto di film Fast X. Lagu See You Again muncul di film Fast X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk waralaba bernilai miliaran dolar AS seperti Fast and Furious, kehadiran original soundtrack (OST) atau latar belakang lagu yang khas dan mudah dikenali sangat dibutuhkan. Komposer Brian Tyler telah menjadi bagian di dalamnya.

Beberapa pihak mungkin berpendapat bahwa tidak seperti Star Wars atau Mission Impossible, waralaba Fast seakan tidak memiliki tema yang tepat. Tapi "See You Again" dari Furious 7 yang dibawakan Wiz Khalifa ft Charlie Puth, berhasil menunjukkan arti yang lebih mendalam.

Baca Juga

"See You Again" menjadi swan song alias karya terakhir untuk Paul Walker. Ketika aktor Paul Walker meninggal pada 2013, para pemain dan kru Furious 7 mengambil jeda dari syuting dan kemudian produksi dihentikan. Dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly, Charlie Puth menjelaskan proses penciptaan lagu tersebut.

Puth pertama kali menulis lagu bersama DJ Frank E. Keduanya baru mengenal satu sama lain kemudian menentukan akord lagi. “Saya seperti, 'Bagaimana jika kita memainkan ini di piano?' Dan itu adalah akord untuk 'See You Again'”, kata Puth, dikutip dari Collider, Sabtu (27/5/2023).

Bertahun-tahun kemudian, beberapa nada di piano itu masih membangkitkan perasaan dan sentimental yang sama dengan Paul Walker dan waralaba Fast. Awalnya, Puth hanya bermaksud untuk menulis lagu agar artis lain ikut menyanyikan bagian refreinnya. Dia akhirnya diminta untuk merekam lagu tersebut, bukan hanya menulisnya.

Setelah komposisi Puth dan Frank E diambil untuk film tersebut, Wiz Khalifa juga diminta untuk bergabung dengan lagu tersebut, tetapi itu bukan fitur pertamanya di soundtrack Fast and Furious. Dia juga membantu menulis dan membawakan "We Own It (Fast & Furious)" untuk Fast and Furious 6. Untuk "See You Again", Khalifa melihat pesan utama dan makna "keluarga".

Kepada MTV News, dia mengatakan bahwa pada dasarnya, ia berpikir tentang arti film itu yang mengarah pada kekeluargaan dan persaudaraan. Tentu saja, niat Wiz Khalifa jelas hadir dalam lagu dengan lirik lagu.

“Lagu tersebut juga lebih dari sekedar pengiring tematik film tersebut. Khalifa ingin "See You Again" menjadi lambang kesedihan dan melanjutkan dengan menggunakan "metafora perjalanan terakhir dan balapan terakhir" dalam liriknya.

Upaya Wiz Khalifa dan Charlie Puth dalam menyusun "See You Again" langsung sukses. Namun yang lebih penting dari jumlah rekor yang dipecahkan adalah penghargaan lagu tersebut untuk mendiang Paul Walker.

"See You Again" dimainkan hingga akhir Furious 7 dalam montase dari beberapa penampilan Walker sebagai Brian O'Conner di seluruh franchise. Bagian akhir juga menampilkan Dominick Torreto (Vin Diesel) mengemudi untuk terakhir kalinya bersama mantan musuhnya dan keluarga serta saudara laki-lakinya yang sekarang ditemukan. “(Lagu) tidak membuat Anda merasa seperti telah meninggalkan pemakaman,” jelas Charlie Puth kepada EW.

“Ini sangat membangkitkan semangat dan memotivasi. Warisan Paul akan selalu hidup. Memiliki tanggung jawab untuk membuat rekaman Paul Walker benar-benar berkesan,” kata Khalifah kepada MTV News.

“See You Again” juga muncul di Fast X. Selama perjalanan menyusuri jalan kenangan, cuplikan instrumental dari "See You Again" diputar dengan nada-nada piano yang membuat Charlie Puth sangat bersemangat. Fast X penuh dengan gambar dan momen dari masa lalu waralaba, khususnya dari sudut pandang Dante Reyes (Jason Momoa). Saat ini Fast X sedang tayang di bioskop dan memuncaki box office.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement