Sabtu 27 May 2023 10:52 WIB

Pesan Kamar Hotel, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler

Sebelum memilih hotel, sebaiknya baca ulasan dari berbagai sumber yang berbeda.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kamar hotel (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan traveler ketika memesan kamar hotel.
Foto: www.freepik.com
Kamar hotel (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan traveler ketika memesan kamar hotel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menginap di hotel merupakan aktivitas yang sulit dipisahkan dari kehidupan traveler. Namun, banyak traveler melakukan kesalahan dan terkadang harus membayar mahal saat memesan akomodasi perjalanan mereka.

Entah kesalahan itu berakhir dengan menguras waktu dan uang atau hanya merusak pengalaman liburan. Dilansir laman Huffington Post, Sabtu (27/5/2023), berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para traveler saat memesan hotel:

Baca Juga

1. Memilih hotel hanya berdasarkan harga

Pendiri The Vacationer, Phil Dengler, mengingatkan untuk tidak memesan hotel karena harganya murah. Sebelum memilih hotel, baca ulasan dari berbagai sumber yang berbeda. Pasalnya, mungkin ada alasan di balik murahnya harga sewa, entah karena ulasan buruk atau lokasinya yang tidak strategis.

 

“Anda perlu memeriksa lokasinya di Google Maps dan memutuskan apakah itu adalah tempat yang baik untuk Anda beristirahat," kata Dengler.

CEO booking deals @hotel, Konrad Waliszewski, percaya bahwa para traveler sering meremehkan pentingnya mengoptimalkan lokasi. “Menghemat beberapa dolar untuk menginap di hotel yang jauh dari pusat kegiatan atau wisata bisa membuat stres karena pada akhirnya Anda harus membayar lebih untuk transportasi,” kata Waliszewski.

2. Mengasumsikan biaya parkir sudah termasuk

Bahkan ketika Anda membayar biaya resor yang mahal, parkir belum tentu termasuk dalam biaya tambahan tersebut. "Jika Anda membawa mobil, selalu periksa situasi parkir hotel," kata Dengler.

Menurut Dengler, beberapa hotel tidak memiliki tempat parkir, dan pengunjung berpotensi membayar biaya parkir umum yang mahal. Ada juga hotel lain yang tidak memiliki tempat parkir sendiri dan malah mengenakan biaya parkir valet yang mahal.

3. Memesan dengan kartu debit

"Selain mendapatkan poin, kartu kredit menawarkan perlindungan pembelian yang tidak dimiliki oleh uang tunai dan kartu debit," kata Dengler.

Menurut dia, kartu kredit menawarkan asuransi pembatalan atau interupsi perjalanan, yang memberikan ketenangan saat memesan hotel. Selain miles maskapai penerbangan, upgrade kamar, dan bonus cashback, manfaat kartu kredit seperti perlindungan dari penipuan dan pengembalian dana segera untuk tagihan yang salah menawarkan banyak kenyamanan saat merencanakan liburan.

“Sementara itu, dengan kartu debit, Anda mungkin juga harus khawatir tidak memiliki dana yang cukup untuk penahanan sementara yang mungkin diperlukan hotel saat check-in, yang dapat bertambah dan membutuhkan waktu untuk dikembalikan,” kata dia.

4. Memilih kebijakan pembatalan yang salah

Agen travel dari Elite Travel, Collette Stohler, mengatakan salah satu kesalahan terbesar saat memesan hotel adalah tidak memeriksa kebijakan pembatalan. Karena perubahan dan penundaan yang tak terduga tampaknya menjadi lebih umum setelah pandemi, masuk akal untuk memilih tarif yang fleksibel untuk berjaga-jaga. Namun, pastikan Anda benar-benar memahami waktunya.

"Wisatawan biasanya tidak menyadari bahwa tenggat waktu kebijakan pembatalan hotel selalu ditetapkan dalam zona waktu lokal hotel. Jika Anda perlu membatalkan atau mengubah perjalanan, pastikan Anda melakukannya sebelum tenggat waktu setempat. Atur alarm untuk batas waktu pembatalan guna menghindari kejutan di menit-menit terakhir,” kata dia.

5. Tidak meminta upgrade kamar

Menurut Waliszewski, kebanyakan wisatawan mengabaikan langkah sederhana yaitu menelepon hotel sehari sebelum check-in untuk mengonfirmasi kamar mereka dan menanyakan tentang upgrade gratis. "Meskipun upgrade tidak selalu tersedia, hal ini sepadan dengan usaha yang Anda lakukan karena dapat meningkatkan pengalaman menginap. Dengan menelepon, Anda dapat menjalin hubungan pribadi dengan staf hotel dan mungkin akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan,” kata dia.

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement