Jumat 26 May 2023 10:10 WIB

Ketika Anak Hilang, Periksa Dulu Tiga Tempat Berikut

Risiko bahayanya bisa lebih besar jika anak terjebak di tiga lokasi ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak hilang (ilustrasi). Cek tempat-tempat yang paling berbahaya terlebih dahulu saat anak hilang.
Foto: www.freepik.com
Anak hilang (ilustrasi). Cek tempat-tempat yang paling berbahaya terlebih dahulu saat anak hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua yang tanpa sengaja kehilangan anaknya, seperti terpisah di tempat umum atau dalam kondisi lain, otomatis langsung merasa panik. Ayah dan ibu menjadi kalut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan atau ke mana harus mencari.

Sejumlah tenaga paramedis, petugas pertolongan pertama, dan mantan paramedis menyarankan agar orang tua mencari di tiga tempat berikut terlebih dahulu. Pasalnya, jika anak terjebak di tiga lokasi ini, risiko bahayanya bisa lebih besar, dikutip dari laman The Sun, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga

1. Di dalam mobil

Tempat pertama yang harus didatangi terlebih dulu untuk mengecek keberadaan anak adalah di dalam mobil. Jika anak tidak sengaja tertinggal di dalam mobil, itu bisa berbahaya karena suhu di dalam mobil bisa cepat naik dan mengarah pada overheat.

2. Perairan

Perairan yang dimaksud tidak selalu parit, kolam, danau, atau laut, tapi apa saja yang memiliki genangan air seperti bak mandi, kolam anak-anak, bahkan ember.

"Yang diperlukan hanyalah beberapa sentimeter air dan 20 detik bagi anak-anak untuk tenggelam," ujar petugas pertolongan pertama dari Tiny Hearts Education.

Perawat anak dan ahli Sarah Hunstead dari CPR Kids juga memberikan saran serupa. Dia menganjurkan orang tua mengecek mesin cuci di rumah, toilet, juga tempat mandi burung.

3.... (klik halaman selanjutnya) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement