Kamis 25 May 2023 17:35 WIB

Kiat Nana Mirdad agar Foto Paspor Tampak Kece

Hindari menggunakan kacamata ketika membuat foto paspor.

Ada kiat khusus ketika membuat foto paspor. Salah satunya adalah jika foto baru Anda terlihat terlalu mirip dengan yang lama, foto tersebut dapat ditolak karena kantor imigrasi tidak dapat mengonfirmasi bahwa foto tersebut diambil dalam enam bulan terakhir.
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Ada kiat khusus ketika membuat foto paspor. Salah satunya adalah jika foto baru Anda terlihat terlalu mirip dengan yang lama, foto tersebut dapat ditolak karena kantor imigrasi tidak dapat mengonfirmasi bahwa foto tersebut diambil dalam enam bulan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Setiap orang ingin foto paspornya terlihat sebaik mungkin.  Tidak ada yang ingin memiliki foto yang membuat mereka terlihat lebih tua, sakit atau tidak bahagia.

Artis Nana Mirdad memberikan tips agar foto paspor terlihat cantik. Ini berawal dari Nana yang mengunggah foto paspornya melalui akun Instagramnya, @nanamirdad_, tiga hari yang lalu. Nana menulis caption: “Beberes kamar nemu paspor, auto colek suami @andrew.white._ Semogaaa diajak jalan2 soon (emoji tertawa berguling-guling di lantai) (emoji muka berkedip dengan lidah).. Mau kemana kitaaaaa? #liburanak2 #holidaymood #kodekeras”.

Baca Juga

Lalu, ada seorang warganet dengan akun @nikxxpxngestika bertanya “Foto Paspor nya kok bisa secantik ini Kak Nana???! (emoji muka menangis dengan keras)(emoji wajah menahan air mata) (emoji tangan hati)”.

Istri dari Andrew White ini membalas komentar tersebut, “tips: pas foto paspor dandan agak menor biar nyataaaa hasilnya (emoji tertawa dengan air mata)”.

Sementara itu, Passport Info bertemu dengan seorang mantan model yang mengetahui segala macam trik untuk terlihat hebat di depan kamera. Saat ini dia berada di industri pengeksporan paspor visa.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah pakaian Anda. Perlu diingat bahwa foto paspor hanya akan menunjukkan kepala dan bahu Anda.

Dilansir dari Passport Info, Kamis (25/5/2023), jika Anda memperbarui paspor Anda, jangan memakai pakaian yang sama dengan yang Anda kenakan di foto paspor terakhir Anda. Jika foto baru Anda terlihat terlalu mirip dengan yang lama, foto tersebut dapat ditolak karena kantor imigrasi tidak dapat mengonfirmasi bahwa foto tersebut diambil dalam enam bulan terakhir.

 

Busana

Jangan memakai kacamata. Foto Anda dapat ditolak dan lamaran Anda akan ditangguhkan jika Anda mengirimkan foto berkacamata. Apalagi jika kacamata Anda memiliki silau pada lensa.

Jangan memakai apa pun di kepala Anda, seperti topi, ikat kepala, atau syal. Untuk alasan agama, Anda diperbolehkan memakainya.

Jangan mengenakan seragam apa pun. Pilih pakaian bisnis atau kemeja berkerah untuk foto paspor Anda.

Gunakan kemeja atau gaun dengan garis leher yang cukup tinggi yang akan terlihat di gambar akhir. Mantan model tersebut mengatakan bahwa dia melihat terlalu banyak foto paspor di mana pelancong mengenakan tank top atau kemeja dengan v-neck lebar. “Ketika dipotong dan dicetak di buku paspor, itu seperti dia telanjang!” ujarnya.

Jangan pertimbangkan untuk memakai warna selain hitam atau putih. Foto Anda akan memiliki latar belakang putih polos, jadi kemeja berwarna akan membantu memastikan foto Anda tidak terlihat pudar.

 

Tata rias

Riasan selalu terlihat lebih halus di foto daripada di cermin. Jadi jangan takut untuk memakai alas bedak yang lebih tebal dari biasanya dan banyak bedak untuk menjaga wajah agar tetap bersinar. Jika wajah Anda terlihat berkilau, serbet kertas berwarna cokelat bisa menjadi kertas minyak wajah yang bagus dalam keadaan darurat.

Untuk laki-laki, bisa menggunakan sedikit concealer pada lingkaran di bawah mata atau sedikit bronzer atau bedak transparan untuk meratakan warna kulit Anda.

 

Gaya rambut

Pastikan rambut Anda tidak menutupi mata atau alis Anda.

Jika Anda memiliki rambut panjang, sebaiknya sisir ke belakang bahu agar baju Anda terlihat.

Jangan memakai ikat kepala tebal, pita rambut besar, atau syal di rambut Anda.

 

Pose untuk foto paspor

Foto paspor Anda harus menunjukkan bahwa Anda melihat lurus ke depan dengan ekspresi netral, tetapi tidak berarti Anda harus terlihat muram. Duduk tegak dan putar bahu Anda ke belakang untuk memanjangkan tampilan leher Anda. Meskipun Anda tidak dapat tersenyum lebar atau menunjukkan gigi, Anda dapat tersenyum dengan mata Anda seperti trik andalan Tyra Banks: smize.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement