Kamis 25 May 2023 09:57 WIB

Tips Memilih Warna Cat untuk Kamar Anak

Kamar tidur sebaiknya memiliki warna cat yang lembut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Inspirasi tiga warna kamar anak dari Jotun Kids Collection 2023.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Inspirasi tiga warna kamar anak dari Jotun Kids Collection 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih warna cat untuk kamar anak memang susah-susah gampang. Supaya tidak kebingungan, sesuaikan saja dengan fungsi dan tujuan dibuatnya kamar tersebut.

Brand Marketing PT Jotun Indonesia Zenitha Fitriati, mengatakan setiap anak mempunyai preferensi yang berbeda. Namun, ada warna-warna tertentu yang bisa dipakai agar anak lebih tenang.

Baca Juga

Kamar tidur sebaiknya memiliki warna cat yang lembut, sehingga anak siap untuk beristirahat begitu masuk kamar, pikirannya tidak kemana-mana lagi. Sedangkan untuk ruang bermain, pilih warna vibrant, seperti kuning atau oranye, sehingga ketika anak belajar atau bermain di sana ada energi.

"Pada dasarnya, warna bisa buat siapa saja. Hanya pemilihannya mau dipakai di mana, ini memengaruhi emosional dan mood anak," ujarnya dalam acara konferensi pers Jotun Kids Collection 2023, belum lama ini.

photo
Inspirasi warna kamar anak dari Jotun Kids Collection 2023. - (Republika/Desy Susilawati)

Berikut ini tips memilih warna cat untuk kamar anak:

1. Ingat dulu kamar anak berfungsi untuk apa. Kadang, kamar anak hanya untuk tidur dibedakan dengan kamar bermain dan belajar.

Jika ditujukan untuk kamar tidur, gunakan warna-warna yang bisa meningkatkan ketenangan, sehingga ketika masuk kamar, anak terkondisikan untuk istirahat. Warna pastelic forest lebih masuk, yakni warna yang lembut.

2. Jika kamar tidur digabung dengan kamar belajar, bisa gunakan warna kombinasi. Di sebelah warna lembut, poleskan cat yang berwarna cerah.

3. Jika hanya untuk ruang bermain. Berikan warna biru cerah atau kuning.

Jika tidak ingin terlalu ngejreng, biru dan kuning dapat menjadi satu dengan sentuhan aksen putih. Bisa juga dikombinasi sehingga tetap nyaman dan ada energinya di ruang bermain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement