Kamis 25 May 2023 18:38 WIB

Kirim Bingkisan tanpa Ribet, Coba Pakai Fitur Ini

Pengirim tidak perlu mengetik alamat penerima secara manual.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tokopedia meluncurkan fitur “Bagikan Alamat” agar konsumen lebih mudah melakukan pengiriman hampers atau hadiah kepada orang lain/ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Tokopedia meluncurkan fitur “Bagikan Alamat” agar konsumen lebih mudah melakukan pengiriman hampers atau hadiah kepada orang lain/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saling berbagi hadiah atau hampers, menjadi salah satu tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Baik itu ketika hari raya ataupun memberikan hadiah pada momen tertentu.

Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali mengatakan Tokopedia meluncurkan fitur “Bagikan Alamat” agar konsumen lebih mudah melakukan pengiriman kepada orang lain. Pengguna bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui fitur ‘Bagikan Alamat’ ini. “Dengan fitur tersebut, pengguna tidak perlu mengetik alamat penerima secara manual,” kata Azzahra di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga

Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikon di pojok kanan atas halaman utama.

Kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Pilih tab ‘Dari Teman’, lalu klik ‘Minta alamat ke teman kamu’.

Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik ‘Minta Alamat’.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, dapat membuka aplikasi Tokopedia dan klik ikon di halaman utama Tokopedia. Kemudiam klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik ‘Bagikan Alamat’.

“Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur ‘Bagikan Alamat’,” jelas Azzahra.

Caranya, klik ikon di pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon dan pilih ‘Daftar Alamat’. Klik ikon pada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut

Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasi pada halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya ‘Toppers mengirimkan alamat!’.

Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik ‘Simpan’ dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat. Fitur ini berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di aplikasi, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan, minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement