Senin 22 May 2023 15:05 WIB

Copywriter Sebagai Teknik Menulis dengan Gaya Persuasif

Copywriter itu adalah teknik menulis dengan gaya persuasif (ajakan).

BSI Digination yang diselenggarakan perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne menggandeng Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
BSI Digination yang diselenggarakan perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne menggandeng Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- BSI Digination yang diselenggarakan perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne menggandeng Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlangsung di Universitas BSI kampus Cikarang, pada hari kedua ini sukses menghadirkan content writer professional.

BSI Digination yang berlangsung pada Rabu, 17 Mei 2023 dihadiri dari SMK Teknikom Cikarang dan SMK Puja Bangsa yang mengikuti seluruh rangkaian acara yang terdiri dari workshop dan kunjungan industri.

Baca Juga

Dalam sesi workshop, mendatangkan narasumber Irwan Herliawan selaku Content Writer Professional dengan materi yang disampaikan yaitu ‘Magic Tricks become Copywriter’. Menurut dia, copywriter itu adalah teknik menulis dengan gaya persuasif (ajakan).

“Jika konten yang dibuat dirasa sudah bagus, tapi copywriting-nya jelek, itu tidak membuat powerfull saat dipublikasi. Hal ini bagus digunakan untuk konten marketing dan iklan,” ujar Irwan, dalam siaran pers Senin (22/5/2023).

Ia menambahkan, seiring dengan era digital, sekolah kini harus kuasai copywriting untuk PPDB (penerimaan peserta didik baru) agar lebih kreatif untuk mempromosikan penerimaan siswa baru. Kemudian, siswa yang sudah memiliki bisnis bisa menggunakan ilmu ini untuk membangun media sosial yang menarik sehingga insight-nya akan tinggi.

“CNBC merilis berita bahwa profesi baru di digital talent, yaitu prompt writer. Di Amerika sendiri, profesi ini digaji Rp 4,9 miliar pertahun. Tugasnya adalah mengintruksikan chatgpt,” katanya.

Dia melanjutkan, mereka bertugas menuliskan untuk database di chatgpt agar tulisannya menyerupai tulisan manusia bukan tulisan robot. Jadi, profesi ini perlu sekali kemampuan copywriting.

Prompt writer sudah ada perusahaan yang hiring yakni dari perusahaan Huawei, namanya prompt talent. Jadi, kemampuan copywriting bisa kalian gunakan sebagai bahan marketing untuk bisnis sendiri dan bekerja di perusahaan dengan gaji yang besar. Kalau pun tidak mau terikat, banyak sekali platform yang menerima freelance sebagai copywriter,” katanya.

Sementara, Marianus Lase selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Cikarang mengatakan, BSI Digination ini juga melangsungkan workshop dengan materi yang sangat relate dengan kondisi industri saat ini, yakni tentang copywriter.

“Harapannya, semoga para peserta yang hadir bisa mengetahui dan mempersiapkan keahlian mereka agar tidak pusing saat lulus sekolah saat akan memilih kuliah ataupun bekerja,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement