Sabtu 20 May 2023 06:30 WIB

Waspadai Ozempic Face, Efek Samping dari Obat Suntik Penurun Berat Badan

Penggunaan Ozempic menyebabkan terjadinya penurunan berat badan yang sangat cepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Obat resep dokter, Ozempic, produksi Novo Nordisk. Sejumlah slebritas di Amerika Serikat menggunakan obat diabetes tipe 2 ini untuk menurunkan berat badan.
Foto:

Secara umum, penggunaan Ozempic atau Wegovy di bawah pengawasan dokter aman untuk dilakukan. Sebagaimana obat lainnya, Ozempic atau semaglutide juga dapat memunculkan efek samping.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat semaglutide adalah masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan muntah. Akan tetapi, para ahli memperingatkan orang-orang untuk tidak menggunakan obat semaglutide tanpa pengawasan dokter.

Hal ini perlu menjadi perhatian karena beberapa oknum kerap memasarkan obat semaglutide di pasar gelap. Bila dilakukan tanpa pengawasan dokter, penggunaan obat semaglutide berisiko memunculkan beberapa masalah kesehatan serius.

Sebagian di antaranya adalah perubahan kesehatan usus dan peradangan pankreas atau pankreatitis. Dalam jangka pendek, efek samping yang mungkin terjadi adalah hipoglikemia. Sedangkan dalam beberapa kasus yang berat, penyalahgunaan obat semaglutide bisa mendorong terjadinya kejang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement