Kamis 18 May 2023 08:31 WIB

Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Kenali Akun Trusted Jastip Tiket Konser Coldplay

Sejumlah warganet mengaku tertipu akun jastip tiket konser Coldplay.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Penggemar mencoba membeil tiket konser Coldplay secara online di Jakarta, Rabu (17/5/2023). Sejumlah penggemar Coldplay mengaku tertipu saat menggunakan akun jastip tiket konser.
Foto: Republika/Edwin Putranto
Penggemar mencoba membeil tiket konser Coldplay secara online di Jakarta, Rabu (17/5/2023). Sejumlah penggemar Coldplay mengaku tertipu saat menggunakan akun jastip tiket konser.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul penawaran tiket prajual konser Coldplay, sejumlah penggemar mengaku mengalami penipuan ketika menggunakan layanan jasa titip (jastip). Menurut pelaku usaha jastip tiket konser @dopaminetix, Dinda Azzahra, semakin besar skala dan artis yang menggelar konser maka penipuan pun kian rawan terjadi.

"Kadang kalau ada yang tertipu, kami turut prihatin, kasihan. Jadi teman-teman harus tahu ciri-ciri akun trusted (tepercaya) atau enggak," kata Dinda saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

Berikut beberapa tips untuk menghindari penipuan jastip tiket konser dari Dinda:

1.Pastikan akun jastip trusted

Untuk memeriksa akun jastip bisa dipercaya atau tidak, coba cek followers dari akun tersebut. Bisa saja akun tersebut hanya membeli followers dan berisi akun-akun fake.

Unggahan sorotan di Instagram bisa saja dibuat-buat, tetapi ciri yang paling bisa diwaspadai adalah dari para followers-nya. Dinda menyebut, baik akun yang baru dibuat maupun relatif sudah lama, tetap sama-sama rawan.

2. Perhatikan isi highlight (sorotan)

Akun baru belum tentu tidak bisa dipercaya. Begitu pula, akun lama yang bisa hanya mengunggah hasil editan pada highlight atau sorotan yang diunggah.

"Jadi ini penilaian kita terhadap akun war tiket," kata Dinda.

3. Jangan ragu bertanya

Jangan ragu bertanya kepada jastiper melalui direct message (DM). Tanya apakah mereka benar-benar trusted atau tidak.

"Jangan gampang percaya sama yang pakai sponsor-sponsor, kadang ada post di IG promoted by, itu rawan, apalagi buka untuk Coldplay," ujar Dinda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement