Selasa 16 May 2023 11:02 WIB

Ada Soto Campur Nutrisari, Warganet Sebut Itu Penistaan, Apa Kata Chef?

Apakah minuman saset rasa jeruk bisa menggantikan jeruk nipis segar?

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Soto ayam. Di Twitter, konten penjual yang menaburkan minuman saset ke semangkuk soto menjadi viral.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Soto ayam. Di Twitter, konten penjual yang menaburkan minuman saset ke semangkuk soto menjadi viral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ide pembuatan soto dicampur dengan minuman bubuk merek Nutrisari kembali menjadi viral di media sosial Twitter. Sejak beberapa bulan lalu, menu di angkringan West yang disebut-sebut milik Mas Gondrong di daerah Semarang, Jawa Tengah tersebut mendadak jadi sorotan.

Namun, bagaimana pendapat dari seorang pakar kuliner? Chef Eki Nugraha Kramadibrata berpandangan bahwa dari penyajiannya saja tidak lazim, yaitu, dengan gelas. Dalam konten yang viral, penyajian soto campur Nutrisari tersebut disajikan dengan gelas berukuran besar.

Baca Juga

"Kalau saya jadi kurang selera jika disajikan di media yang tidak lazim. Saya pikir ini konten nyeleneh saja, biar viral (dan terbukti viral)," kata chef Eki lewat pesan elektronik, Selasa (16/5/2023).

Menurut chef Eki, dari segi cita rasa, dasarnya soto kuning itu punya rasa gurih dan cenderung asin. Sementara jika ditambah atau dicampur dengan minuman bubuk saset yang rasanya manis, maka sudah keluar dari pakem rasa soto yang asli.

"Dibikin enak-enak saja sama yang bikin konten, saya yakin rasanya biasa aja, cenderung aneh," ujar chef Eki yang juga owner Haget Fried Chicken dan juga Bucha.Bento di Bandung, Jawa Barat itu.

Chef Eki juga menyebut rasa menu tersebut yang pasti akan lebih dominan manis. Sebab, minuman saset biasanya mengandung gula cukup tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement