Ahad 14 May 2023 20:27 WIB

Anda Disarankan tak Beri Uang Tip pada Orang dengan Pekerjaan Ini

Menurut pakar, beberapa orang dengan pekerjaan ini tidak bisa diberikan uang tip.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung memberikan uang tip (ilustrasi). Ada beberapa kategori pekerjaan di mana Anda disarankan tak perlu memberikan tip.
Foto: www.freepik.com
Pengunjung memberikan uang tip (ilustrasi). Ada beberapa kategori pekerjaan di mana Anda disarankan tak perlu memberikan tip.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda bisa membayar tip jika datang ke restoran atau setelah mendapat layanan tertentu. Memang menyenangkan untuk menunjukkan apresiasi atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik, tetapi ada beberapa kasus saat Anda disarankan tidak memberikan uang ekstra.

Berikut beberapa orang yang tidak bisa diberikan tip dikutip dari laman Best Life, Sabtu (13/5/2023):

Baca Juga

1. Teknisi servis                                   

Kebocoran atau mengalami masalah listrik di rumah, biasanya merupakan tanda bahwa Anda perlu meminta bantuan dari luar. Terhadap teknisi yang sedang memperbaiki rumah atau peralatan, Anda tidak perlu membayar persentase tambahan untuk kerja keras mereka.

"Saya rasa, tukang ledeng atau tukang listrik tidak mengharapkan tip," kata pakar etiket Lisa Mirza Grotts.

2. Pramugari

Pramugari termasuk pekerja yang tidak bisa diberikan tip. Mereka telah melayani minuman dan makanan di tengah penerbangan serta bertugas menjaga keamanan penumpang jika terjadi keadaan darurat.

“Menjadi penumpang yang kooperatif dan mengucapkan 'terima kasih' yang sederhana dan tulus di akhir penerbangan adalah cara terbaik untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda,” kata pakar etiket bisnis dan pendiri The Polite Company Kristi Spencer.

3. Saat bepergian di beberapa negara

Bisa dibilang, bagian terbesar dari bepergian ke luar negeri adalah bisa merasakan budaya yang berbeda. Namun, meskipun memberi tip mungkin merupakan kebiasaan di Amerika Serikat (AS), itu mungkin bukan norma di tempat Anda berpergian.

“Anda perlu mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan membaca tentang bea cukai sebelum bepergian,” ujar Grotts.

4. Restoran yang termasuk gratifikasi

Tidak semua tempat makan mengharuskan pelanggan untuk membayar tip. “Ketika Anda pergi ke restoran yang menetapkan harga tetap dan semuanya sudah termasuk, atau Anda membayar di muka, Anda tidak perlu memberi tip," kata Grotts. Dalam banyak kasus, ini bisa menjadi kebijakan di restoran kelas atas atau dengan santapan mewah.

5. Layanan profesional atau kesehatan

Petugas kesehatan bukan termasuk pekerja yang bisa diberikan tip. Sebab, itu melewati batas profesional mereka.

“Memberi tip kepada profesional seperti dokter, akuntan, dan pengacara, tidak disarankan karena melewati batas profesional. Anda sebaiknya mengucapkan terima kasih dengan kartu ucapan atau ulasan positif," kata Spencer.

6. Pengiriman tepi jalan

Meskipun beberapa toko telah lama menawarkannya, layanan seperti penjemputan di tepi jalan untuk bahan makanan atau pesanan makanan menjadi semakin umum sejak pandemi Covid-19. Namun, meskipun tip untuk drop-off mungkin merupakan kebiasaan, itu tidak dapat diterima untuk melakukan hal yang sama untuk mengambil barang di toko.

"Saat Anda menggunakan penjemputan di tepi jalan untuk bahan makanan, pastikan untuk memeriksa kebijakan pemberian tip toko. Beberapa tempat tidak mengizinkan tip untuk layanan penjemputan meskipun mereka mengizinkan tip untuk pengiriman,” kata Spencer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement