Jumat 12 May 2023 10:59 WIB

Mending Mana, Mesin Cuci Bukaan Atas atau Depan?

Pilihan mesin cuci bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial pengguna.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Secara umum, mesin cuci bukaan atas mudah digunakan untuk menaruh atau mengangkat pakaian. Di sisi lain, mesin cuci bukaan depan lebih mudah untuk digunakan bagi orang-orang yang duduk di kursi roda atau berperawakan pendek.
Foto: Darmawan / Republika
Secara umum, mesin cuci bukaan atas mudah digunakan untuk menaruh atau mengangkat pakaian. Di sisi lain, mesin cuci bukaan depan lebih mudah untuk digunakan bagi orang-orang yang duduk di kursi roda atau berperawakan pendek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian orang mungkin lebih nyaman menggunakan mesin cuci bukaan atas. Namun, tak sedikit pula orang yang lebih menyukai mesin cuci bukaan depan. Mana yang terbaik?

Secara umum, mesin cuci bukaan atas mudah digunakan untuk menaruh atau mengangkat pakaian. Akan tetapi, pengguna yang memiliki perawakan relatif pendek bisa mengalami kesulitan saat hendak memasukkan atau mengangkat pakaian dari mesin cuci.

Baca Juga

Di sisi lain, mesin cuci bukaan depan lebih mudah untuk digunakan bagi orang-orang yang duduk di kursi roda atau berperawakan pendek. Akan tetapi, orang-orang dengan tinggi badan rata-rata biasanya perlu membungkuk untuk menaruh atau mengangkat pakaian dari mesin cuci.

Mesin cuci bukaan atas juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan pakaian di tengah-tengah proses mencuci. Hal serupa tak bisa dilakukan pada mesin cuci bukaan depan karena sebagian besar mesin cuci bukaan depan dilengkapi dengan kunci saat mesin berjalan, untuk mencegah kebocoran air.

Terlepas dari beberapa fitur utama ini, ada sembilan aspek yang bisa dijadikan dasar pertimbangan untuk memilih jenis mesin cuci. Berikut ini adalah perbandingan performa mesin cuci bukaan atas dan depan, seperti dilansir The Spurce.

 

Tampilan

Dari segi penampilan, mesin cuci bukaan atas dan depan bisa dikatakan seimbang. Mesin cuci bukaan atas mungkin tak memiliki ukuran penutup yang besar, namun penutup bisa dibuka dan ditutup dengan lebih lancar dan berukuran lebih ramping.

Di sisi lain, mesin cuci bukaan depan memiliki lapisan kaca yang tebal pada penutupnya. Sebagian orang menilai fitur ini menarik karena memungkinkan mereka untuk memantau proses pencucian pakaian.

 

Tenaga Pembersihan

Dari segi tenaga pembersihan, mesin cuci bukaan depan cenderung lebih unggul. Sebagai perbandingan, mesin cuci bukaan atas menghilangkan kotoran dan noda pada pakaian dengan cara memutar-mutar pakaian. Di sisi lain, mesin cuci bukaan depan membersihkan pakaian dengan cara menggulingkan pakaian. Gravitasi memungkinkan tiap pakaian di dalam mesin cuci bukaan depan untuk saling menyikat satu sama lain.

 

Ukuran

Baik mesin cuci bukaan depan maupun atas memiliki ukuran yang beragam. Oleh karena itu, keduanya cukup imbang dalam segi ukuran. Pengguna dapat menyesuaikan ukuran mesin cuci dengan kebutuhan mereka

 

Perbaikan dan Perawatan

Mesin cuci bukaan atas cenderung lebih unggul dalam hal perbaikan dan perawatan. Biaya perbaikan untuk mesin cuci bukaan atas cenderung lebih terjangkau. Perawatan untuk mesin cuci bukaan atas juga relatif lebih mudah. Namun sebagai catatan, mesin cuci bukaan atas terkadang membutuhkan perbaikan yang lebih sering dibandingkan mesin cuci bukaan depan.

 

Dampak pada Baju

Mesin cuci bukaan atas yang standar menggunakan agitator pusat untuk memutar pakaian dengan cepat. Hal ini bisa membuat pakaian menjadi lebih mudah aus atau robek. Di sisi lain, gerakan memutar pakaian pada mesin cuci bukaan depan cenderung lebih ramah untuk pakaian.

Dalam hal dampak pada baju, mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci bukaan atas dengan tipe high efficiency (HE) lebih unggul. Mesin cuci bukaan atas tipe HE tidak menggunakan agitator pusat, sehingga gesekan yang bisa merusak pakaian lebih minim.

 

Penggunaan Air dan Daya Listrik

Mesin cuci bukaan atas tipe HE dan mesin cuci bukaan depan lagi-lagi unggul dalam aspek ini. Mesin cuci bukaan atas biasa umumnya menggunakan sekitar 41 galon air per sekali pencucian. Sedangkan tipe HE hanya membutuhkan sekitar 19 galon air per pencucian dan mesin cuci bukaan depan hanya membutuhkan sekitar 13 galon air.

 

Instalasi

Dalam hal instalasi, mesin cuci bukaan depan dan atas terbilang seimbang. Keduanya bisa disimpan di area mencuci baju dengan mudah. Koneksi air hingga listrik untuk kedua jenis mesin cuci ini juga serupa.

 

Biaya

Mesin cuci bukaan atas lebih unggul dari segi harga. Umumnya, mesin cuci bukaan atas memiliki harga jual yang relatif lebih murah dibandingkan mesin cuci bukaan depan. Mesin cuci bukaan depan bisa dibanderol dengan harga hingga dua kali lipat dibandingkan bukaan atas.

 

Masa Pakai

Dalam hal keawetan, mesin cuci bukaan atas umumnya bisa bertahan sekitar 14 tahun, sedangkan bukaan depan sekitar 11 tahun. Akan tetapi, biaya perbaikan yang diperlukan untuk mesin cuci bukaan atas selama masa penggunaan tersebut cenderung lebih tinggi dibandingkan bukaan depan. Dengan mempertimbangkan hal ini, mesin cuci bukaan depan cenderung lebih unggul.

 

Pilih Mana?

Dari segi pembersihan dan dampaknya pada pakaian, mesin cuci bukaan depan relatif lebih baik. Mesin cuci bukaan depan juga lebih hemat air dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

Namun, yang menjadi kendala adalah harga mesin cuci bukaan depan yang lebih mahal. Biaya perbaikan untuk mesin cuci bukaan depan juga cukup besar. Oleh karena itu, pilihan mesin cuci bisa disesuaikan kembali dengan kemampuan finansial masing-masing pengguna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement