Rabu 03 May 2023 12:03 WIB

Ini Dia 4 Kesalahan yang Merusak Mesin Cuci

Ada beberapa hal yang bisa membuat mesin cuci cepat rusak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mesin cuci perlu dirawat khusus agar lebih awet (iustrasi)
Foto: www.flickr.com
Mesin cuci perlu dirawat khusus agar lebih awet (iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat keranjang cucian menumpuk, Anda mungkin tergoda untuk segera memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Namun, ini adalah kesalahan umum yang dapat membuat alat bekerja lebih keras dan tidak menghasilkan pakaian yang bersih. 

Rachael Kiss, juru bicara Alliance Online, menjelaskan memuat mesin cuci Anda dengan benar berarti pakaian Anda akan mendapatkan hasil pencucian yang jauh lebih baik, terlihat lebih bersih dan terasa lebih segar.

Baca Juga

"Terlebih lagi, menggunakan mesin cuci secara efisien akan membantu Anda mengurangi limbah dan menghemat uang dalam jangka panjang," ujarnya seperti dilansir dari laman Express.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa menjadi beban dan merusak mesin cuci Anda.

 

1. Mesin cuci terlalu penuh

Anda mungkin tergoda untuk mengisi mesin cuci hingga penuh dengan cucian kotor untuk mengurangi jumlah pencucian, terutama jika Anda sedang terburu-buru. Namun, menurut ahli, ini bukan praktik terbaik. Agar mesin cuci berumur panjang sebaiknya hindari hal tersebut.

Ketika mesin cuci terlalu penuh, pakaian mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk bergerak dan dibersihkan dengan benar. “Artinya, alih-alih segar dan bersih, pakaian Anda justru bisa rusak karena bergesekan dengan agitator, berpotensi menyebabkan robekan, robekan atau lubang," ujarnya.

Yang lebih buruk lagi, membebani mesin cuci Anda justru dapat merusak drum mesin Anda seiring waktu. “Memperbaiki drum mesin cuci dapat menjadi sangat mahal, suku cadang yang perlu diganti sangat mahal dan idealnya perlu diperbaiki oleh seorang profesional.”

 

2. Tidak membersihkan mesin

Mudah lupa bahwa peralatan yang membersihkan barang-barang seperti mesin pencuci piring dan mesin cuci juga perlu dibersihkan secara teratur. Meskipun tidak perlu dilakukan setiap minggu, pembersihan secara teratur dapat mencegah jamur serta menghilangkan kerak dan bau. “Membersihkan mesin cuci juga dapat mencegah penumpukan bakteri, yang dapat memengaruhi kebersihan pakaian Anda dan mengurangi efisiensi mesin," ujarnya.

Disarankan untuk membersihkan mesin cuci Anda sebulan sekali. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk menggunakan pembersih khusus atau cuka putih dan soda kue di dalam drum

 

3. Sebelum masuk mesin cuci, noda tidak dibersihkan

Rachael melanjutkan merawat noda pakaian sebelum proses pencucian dapat membantu memastikan bahwa noda tersebut dapat dihilangkan secara efektif setelah dicuci. “Noda membandel dapat menempel dan jika dibiarkan tidak dirawat untuk jangka waktu yang lama, dapat menempel pada kain sehingga lebih sulit untuk dihilangkan," ujarnya

Jenis noda tertentu seperti minyak atau minyak dapat menyebar jika tidak dirawat sebelumnya dan dapat menyebar ke area lain pada pakaian. "Oleskan penghilang noda ke area yang membandel dan gosok dengan tekanan ringan, dengan cara ini, Anda perlahan mendorong noda untuk terangkat dari kain," sarannya.

Ini dapat membantu menghemat banyak uang dengan menghindari kebutuhan untuk membeli pakaian baru jika ternoda.

 

4. Menggunakan deterjen terlalu banyak

Selain menjebak kotoran dan menumpuk dari waktu ke waktu, menggunakan terlalu banyak deterjen dapat menyebabkan banyak masalah pada garmen pakaian.

Ini termasuk meninggalkan lapisan film yang tidak terlihat pada pakaian yang dapat menjebak kotoran dan bahan air keras, menyebabkannya terlihat pudar. Residu juga dapat menumpuk di mesin cuci yang dapat menyebabkan masalah jamur, belum lagi membuang-buang deterjen sangat mahal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement