Selasa 09 May 2023 17:42 WIB

Saran Epidemiolog Soal Penyelenggaraan Konser Ketika Pandemi Berakhir

Konser maupun festival skala besar mulai marak digelar.

Suasana konser Hammersonic Festival di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (18/3/2023). Konser berskala besar telah marak diselenggarakan seiring meredanya kasus Covid-19.
Foto:

"Kalau kita belum menemukan varian baru dan saat ini kondisi stabil juga perawatan tidak ada masalah di kapasitas kesehatan di rumah sakit, saya kira memang kondisi sudah aman sekarang,? ujar Defri.

?Tapi bagaimana pun, imbauan ketika kita berkerumun atau kegiatan yang berisiko terjadi penularan. Ditambah yang hadir adalah mungkin ada juga yang berisiko tinggi, ya yang paling aman itu adalah tetap menggunakan masker di dalam setiap aktivitas ketika potensi itu lebih besar,? sambungnya.

Lebih lanjut, dia juga menganjurkan agar masyarakat tetap mendapatkan vaksin booster meskipun kini WHO (World Health Organisation) telah mengumumkan status darurat pandemi Covid-19 telah berakhir. Dengan demikian, kondisi tubuh pun akan lebih terlindungi dan aman dari penyakit.

?Satu lagi saya mengimbau juga, jika vaksin masih tersedia gratis, baik yang belum booster atau nanti booster kedua saya kira perlu mendapatkan itu. Saya yakin jika nanti ada ancaman baru, yang selama ini mungkin yang baru booster ke-2 adalah mungkin para petugas kesehatan, bisa saja masyarakat umum juga wajib,? kata Defri.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement