Sabtu 06 May 2023 11:21 WIB

Sulit Cari Makanan Halal di Luar Negeri, Apa yang Harus Dilakukan?

Kita bisa meriset terlebih dulu negara yang dituju.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika sulit memperoleh makanan halal saat di luar negeri, kita bisa berusaha dengan menghindari produk hewani terlebih dulu (ilustrasi)
Foto: Google.com
Jika sulit memperoleh makanan halal saat di luar negeri, kita bisa berusaha dengan menghindari produk hewani terlebih dulu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Muslim di Indonesia boleh jadi lebih mudah mendapatkan produk halal. Tetapi di luar negeri, belum tentu semudah di negeri sendiri.

Kendati saat ini sudah dibilang relatif lebih mudah menemukan makanan halal di luar negeri, namun tidak menutup kemungkinan menghadapi situasi yang sulit. Untuk itu kita bisa meriset terlebih dulu negara yang dituju ataupun memilih pemandu wisata halal, tetapi bagaimana jika sedang dalam situasi kesulitan menemukan makanan halal?

Baca Juga

Menurut Direktur Utama LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muti Arintawati, kita dapat menghindari produk hewani terlebih dulu. Hal ini bisa untuk menghindari keraguan akan daging yang haram maupun penyembelihan hewan secara tidak syari, misalnya. “Hindari produk hewani, pilih sayur dan buah fresh,” kata Muti melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Sabtu (6/5/2023).

Muti berbagi tip berikut jika kesulitan menemukan makanan halal di luar negeri.

 

1.Pilih sayur dan buah segar

Memilih sayur dan buah segar bisa menjadi pilihan yang aman bagi Muslim. Sebab untuk sayur dan buah yang sudah diberi campuran, perlu dipastikan terlebih dulu campuran tersebut halal atau tidak.

 

2. Hindari produk hewani

Kita bisa terlebih dulu menghindari produk hewani. Hal ini bisa dilakukan sementara waktu sampai lebih mudah mendapatkan yang halal.

Atau kita bisa mencari ataupun bertanya untuk dapat mengunjungi gerai, ritel maupun tempat-tempat yang menjamin kehalalan produk bahkan bersertifikasi halal. Ada banyak lembaga halal yang juga sudah terafiliasi dengan MUI. Di Islamic Center juga biasanya tersedia makanan halal.

 

3. Baca label komposisi dengan teliti

Jika berkunjung ke gerai atau ritel makanan, penting untuk memperhatikan label komposisi dengan seksama dari kemasan makanan. Hal ini juga bisa berlaku untuk minuman apakah mengandung alkohol, atau hal yang diharamkan lainnya.

Apabila kesulitan menemukan label halal pada kemasan, bisa mengenali istilah-istilah yang haram untuk kandungan dalam makanan kemasan tersebut. Atau kembali ke poin pertama, memilih sayuran dan buah segar.

 

4. Cari produk vegan

Produk vegan atau yang berbasis alam atau berbahan natural, tidak menyertakan hewani juga bisa menjadi alternatif. Kendati demikian, tetap saja harus memperhatikan jika ada bahan tambahan untuk produk tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement