Jumat 05 May 2023 19:13 WIB

Makanan Ini Dipercaya Bantu Cegah Penyakit Jantung, Jangan Dilewatkan

Beberapa kacang sehat bagi jantung termasuk almond, kacang tanah, dan kenari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kacang almond. Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, salah satu kacang-kacangan termasuk kacang almond. (ilustrasi).
Foto: Flickr
Kacang almond. Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, salah satu kacang-kacangan termasuk kacang almond. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia yang merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahunnya. Dengan banyaknya orang yang kehilangan nyawa karena kondisi ini, penting untuk tetap waspada dalam menjaga kesehatan jantung.

Salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan atau menurunkan kesehatan jantung adalah diet. Pola makan sehat dapat menjauhkan dari faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah. Dilansir laman Times of India, berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang harus masuk dalam diet harian:

Baca Juga

1. Biji-bijian utuh

Tukar biji-bijian olahan dalam diet (seperti roti putih, pasta putih, dan lainnya) dengan biji-bijian utuh alami, dan jantung akan berterima kasih. Biji-bijian utuh kaya akan serat, vitamin, mineral, serta membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terkendali.

 

2. Biji rami

Mengonsumsi satu sendok makan biji rami setiap hari dapat membantu menjaga tekanan darah dan mencegahnya mencapai tingkat tinggi yang mengkhawatirkan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, Amerika Serikat, menemukan bahwa sekitar empat sendok makan biji rami per hari dapar membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Asam alfalinolenat yang ditemukan dalam biji rami bermanfaat bagi orang yang memiliki penyakit jantung.

3. Kacang

Kacang kaya akan lemak tak jenuh dan rendah lemak jenuh. Ini dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Kacang-kacangan juga kaya akan serat, yang dapat membantu memblokir sebagian kolesterol agar tidak terserap ke dalam aliran darah. Kacang sehat bagi jantung termasuk almond, kacang tanah, kenari, hazelnut, dan pecan.

4. Makanan dari kedelai

Makanan berbahan kedelai seperti tahu, tempe, edamame, dan susu kedelai, merupakan makanan yang menyehatkan jantung dan memiliki efek menurunkan kolesterol. Ini mengandung kadar lemak jenuh yang rendah.

“Produk kedelai adalah pilihan yang baik untuk menggantikan makanan yang tinggi lemak jenuhnya seperti daging, krim penuh lemak, dan produk susu,” kata Heart UK.

5. Jus bit

Jus bit telah terbukti menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung, ini kaya akan nitrat (NO3) yang berpotensi menurunkan TD tinggi. Menurut penelitian yang didanai oleh British Heart Foundation, segelas jus bit secara teratur dapat mengurangi tanda-tanda peradangan pada pembuluh darah, yang diketahui meningkat pada penderita penyakit jantung koroner.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement