Kamis 04 May 2023 06:30 WIB

Masih Merasa Kelaparan Setelah Makan? Coba Cek, Jangan-Jangan Ada Parasit di Usus Anda

Keberadaan parasit usus bisa memunculkan sejumlah masalah kesehatan jangka panjang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang perutnya (Ilustrasi). Masih merasa kelaparan meskipun sudah makan bisa menjadi pertanda adanya parasit di usus.
Foto:

Anemia

Parasit juga bisa memicu anemia melalui beberapa cara. Cacing tambang atau hookworm, misalnya, bisa menempel pada lapisan dinding usus halus dan menghisap darah inangnya. Kondisi ini dapat membuat orang yang terinfeksi kehilangan darah dan mengalami anemia.

Selain itu, parasit kerap mengambil nutrisi dari makanan yang dikonsumsi inangnya. Tak jarang, hal ini membuat orang yang terinfeksi parasit usus kekurangan zat besi. Padahal, zat besi berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Nyeri Otot dan Sendi

Keberadaan parasit dapat memicu peradangan di tubuh. Peradangan tersebut bisa mendorong munculnya nyeri otot dan sendi. Tak hanya itu, parasit bisa berpindah ke otot dan menyebabkan kerusakan secara langsung.

Rasa nyeri pada otot dan sendi juga bisa disebabkan oleh anemia yang dipicu oleh parasit. Rasa nyeri ini bisa muncul karena anemia membuat pasokan oksigen ke area terdampak jadi berkurang.

"Bila Anda curiga mengalami infeksi parasit, tenaga medis profesional bisa melakukan tes untuk mengonfirmasi jenis parasitnya dan memberikan terapi yang tepat," ujar Dr Mesilhy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement