Rabu 03 May 2023 20:12 WIB

Mata Sakit Saat Renang, Begini Cara Mengatasinya

Jika merasakan gatal atau iritasi pada mata saat berenang, hindari menggosoknya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang sedang berenang. Anda harus melindungi mata ketika berenang darimasalah yang dapat muncul.
Foto: www.freepik.com
Seseorang sedang berenang. Anda harus melindungi mata ketika berenang darimasalah yang dapat muncul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan, penting untuk melindungi mata dari efek berbahaya klorin, air asin, dan sinar UV matahari. Bagaimana cara melindungi mata Anda saat berenang dan menghindari masalah mata umum yang dapat muncul?

1. Kenakan kacamata

Baca Juga

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata saat berenang adalah memakai kacamata. Kacamata menciptakan penghalang antara mata Anda dan air, mencegah iritasi seperti klorin dan garam masuk.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ophthalmology menemukan, memakai kacamata saat berenang secara signifikan mengurangi risiko pengembangan mata perenang atau gangguan mata lainnya yang disebabkan oleh air kolam. Mereka juga membantu menjaga mata Anda tetap lembab dan mengurangi risiko infeksi. Studi ini juga merekomendasikan penggunaan kacamata pelindung UV untuk mencegah kerusakan UV pada mata.

2. Gunakan tetes pelumas

Klorin dan air asin dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada mata Anda. Menggunakan obat tetes mata pelumas sebelum dan sesudah berenang dapat membantu menjaga kelembapan mata dan mengurangi risiko infeksi. Pilih obat tetes mata yang dirancang khusus untuk perenang dan tidak mengandung bahan pengawet

3. Istirahat

Berenang dalam waktu lama tanpa istirahat dapat membuat mata tegang. Studi yang disebutkan sebelumnya juga menemukan bahwa istirahat teratur saat berenang dapat mengurangi kelelahan mata dan mencegah ketegangan mata. Studi tersebut merekomendasikan istirahat 10 menit setiap jam berenang.

4. Mandi sebelum berenang

Sebelum memasuki kolam atau laut, mandilah untuk membilas keringat atau bakteri di tubuh Anda. Ini akan membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam air, yang dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda.

5. Hindari mengucek mata

Jika merasakan gatal atau iritasi pada mata saat berenang, hindari menggosoknya. Mengucek mata dapat memindahkan bakteri dan iritan dari tangan ke mata, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan saat berenang, beberapa masalah mata bisa muncul. Berikut beberapa masalah mata umum yang dapat terjadi jika Anda tidak merawat mata saat berenang, terutama di air yang mengandung klorin.

-Iritasi klorin

Klorin umumnya digunakan untuk mendisinfeksi air kolam, tetapi dapat mengiritasi mata Anda.

-Mata perenang

Juga dikenal sebagai konjungtivitis kolam renang, ini adalah jenis konjungtivitis yang dapat terjadi setelah berenang di air yang mengandung klorin atau terkontaminasi. Mata perenang disebabkan oleh bakteri atau virus yang dapat masuk ke mata saat berenang. Jika tidak diobati, mata perenang dapat menyebabkan infeksi mata yang lebih serius, seperti ulkus kornea atau bahkan kehilangan penglihatan.

-Mata kering

Berenang di air yang mengandung klorin atau garam dapat menyebabkan mata kering, menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan.

-Abrasi kornea

Jika menggosok mata saat berenang, Anda dapat menggores kornea sehingga menyebabkan abrasi kornea.

-Paparan radiasi UV

Paparan radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata termasuk katarak, degenerasi makula, dan sengatan matahari kornea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement