Rabu 03 May 2023 19:43 WIB

Mimpi Pasangan Selingkuh, Ini Kemungkinan Maknanya di Dunia Nyata

Saat sedang bermimpi, sebenarnya otak sedang berusaha memecahkan masalah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan (ilustrasi). Psikoterapis menjelaskan kemungkinan makna di balik mimpi selingkuh atau diselingkuhi.
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan (ilustrasi). Psikoterapis menjelaskan kemungkinan makna di balik mimpi selingkuh atau diselingkuhi.

REPUBILIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimpi bukan sekadar bunga tidur. Menurut pakar, saat seseorang sedang bermimpi, sebenarnya otak sedang berusaha memecahkan masalah. 

Mimpi bisa menjadi pesan dari diri sendiri untuk meningkatkan kesadaran mengenai sesuatu. Dalam beberapa kasus, mimpi bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam kehidupan percintaan seseorang. 

Baca Juga

Berikut ini lima mimpi yang bisa menandakan ada masalah dalam hubungan, dikutip dari laman Best Life, Selasa (2/5/2023):

1. Mimpi selingkuh

 

Psikoterapis dan CEO Holistic Wisdom, Lisa Lawless, menjelaskan kemungkinan makna di balik mimpi berselingkuh atau diselingkuhi. Mimpi itu bisa melambangkan adanya masalah yang belum terselesaikan dalam hubungan dan harus segera ditangani.

Mimpi diri sendiri berselingkuh bisa juga merupakan proyeksi perasaan yang dimiliki atau keinginan untuk tidak setia. "Bermimpi berselingkuh bisa menjadi simbol dari perasaan cemas, rasa bersalah, tidak aman, takut ditinggalkan, serta kebutuhan atau keinginan yang tidak terpenuhi," ujar Lawless.

2. Mimpi tentang mantan kekasih

Jika mantan kekasih terus-menerus hadir dalam mimpi, tidak berarti seseorang harus mulai mengirim pesan kepada sang mantan. Penyebabnya bukan karena rindu, namun mimpi kerap "meminjam" memori dari masa lalu untuk perbandingan dengan masa kini.

Pemicu lainnya yakni terdapat masalah emosional tertentu yang dialami seseorang. "Itu bisa berarti Anda masih memproses emosi dari hubungan atau perpisahan itu. Bisa juga menandakan Anda khawatir tentang sejarah yang berulang," kata Lawless.

3. Bermimpi tentang mobil

Seseorang perlu berusaha lebih mengingat detail apabila bermimpi sedang berada di dalam mobil bersama pasangan. Perhatikan siapa yang berada di belakang kemudi, seperti apa kondisi mobil yang ditumpangi, dan bagaimana mobil tersebut melaju.

“Jika pasangan sedang mengemudi, dan Anda tiba-tiba memegang kemudi karena mobilnya lepas kendali, salah satu dari Anda mungkin terlalu mengontrol, atau sebaliknya, sangat lalai," ķata pakar hubungan dan penulis Joyce Keller.

Apabila bermimpi naik mobil dengan rem yang "blong", kemungkinan besar itu menandakan pola perilaku negatif dalam hubungan. Jika bermimpi mobil tidak mau hidup atau mogok, hubungan mungkin juga akan terhenti.

Bermimpi mobil hilang atau dicuri bisa berarti hubungan yang dijalani telah kehilangan arah, atau salah satu pihak tidak lagi bersemangat dan tak termotivasi oleh hubungan. Sementara, mimpi tentang kecelakaan mungkin menjadi peringatan besar bahwa hubungan akan hancur.

4. Mimpi tentang kapal

Analis mimpi profesional, Lauri Loewenberg, menyampaikan bahwa perahu dalam mimpi dapat memberi tahu banyak hal tentang hubungan. Loewenberg menjelaskan, air dalam mimpi biasanya juga mewakili emosi seseorang.

Bermimpi tentang kapal yang tenggelam adalah peringatan besar bahwa hubungan akan runtuh. "Jika kapal hanyut atau hilang, ini bisa berarti hubungan Anda terabaikan, bukannya maju. Sementara, mimpi kapal perang bisa berarti terlalu banyak pertempuran dan konflik dalam hubungan," ujar Loewenberg.

5. Kucing dan anjing

Menurut Loewenberg, mimpi tentang anjing adalah simbol hubungan yang paling umum, mengingat anjing dikenal karena kesetiaan dan persahabatannya. Jika anjing dalam mimpi terlihat sakit, sekarat, atau terluka, itu bisa menjadi pertanda bahwa hubungan sudah mendekati akhir. "Jika anjing mengancam atau menyerang Anda, Anda mungkin berada dalam hubungan yang toksik," ujar Loewenberg.

Kucing, sebaliknya, cenderung melambangkan energi seksual. Apabila kucing dalam mimpi tampak sakit, terluka, mati, atau sekarat, itu pertanda kuat bahwa energi seksual dalam hubungan ada dalam kondisi sama. Dia menambahkan bahwa kucing yang marah atau menyerang bisa menjadi peringatan bahwa sisi seksual dari sebuah hubungan disinyalir berbahaya. "Atau, Anda mungkin marah karenanya karena alasan tertentu," kata Loewenberg.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement