Senin 01 May 2023 10:00 WIB

Will Smith Mau Baikan dengan Chris Rock, Psikolog: Persahabatan Kadang tak untuk Selamanya

Setelah bertengkar, teman perlu mempertimbangkan apakah hubungan layak diperbaiki.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
 Will Smith (kanan) menampar presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Ahad 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. Smith mengaku akan berusaha memperbaiki hubungan dengan Rock.
Foto:

Di sisi lain, Smith juga menyebut bahwa persahabatan dapat berjalan dengan sendirinya. Hal ini bisa sulit diterima sebagian orang, tapi beberapa pertemanan akan berakhir.

"Itu wajar. Anda tidak akan bisa mempertahankan persahabatan dengan semua orang yang datang ke dalam hidup Anda," kata dia.

Lebih dari itu, belajar meminta maaf dan memaafkan dengan benar menjadi hal "sangat penting" dalam persahabatan. Menurut Smith, ketulusan meminta maaf bisa memulai proses saling memaafkan, yang berarti orang lain memiliki kesempatan untuk melepaskan perasaan terluka.

Jika semuanya gagal, maka tidak apa-apa untuk bersedih akan persahabatan yang telah rusak. Bahkan, terkadang sebuah persahabatan memang tidak dimaksudkan untuk berjalan selamanya dan itu tidak apa-apa.

"Kami tidak hanya bersedih saat kehilangan orang yang dicintai karena kematian tapi juga bisa karena kehilangan hubungan meskipun orang tersebut masih hidup," kata Smith.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement