Senin 01 May 2023 09:00 WIB

Tips Menyiapkan Anak-Anak untuk Kembali Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Anak-anak perlu mempersiapkan diri untuk kembali ke rutinitasnya.

Pengunjung beraktivitas di kawasan Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (30/4/2023). Orang tua disarankan dapat menyiapkan anak untuk kembali ke rutinitas awal sebelum liburan tiga hari atau sepekan sebelum masuk sekolah.
Foto:

Orang-orang mungkin menemukan bahwa mendokumentasikan perjalanan mereka dalam jurnal, lembar memo, atau membuat album foto, dapat membantu mereka mengatasi emosi negatif setelah liburan. Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa peserta yang membuat scrapbook untuk mengabadikan kenangan mendapatkan kenyamanan psikologis.

Feka mengatakan pada anak yang terlihat enggan kembali ke sekolah, bisa jadi ada hal yang membuatnya tidak nyaman kembali ke sekolah. Orang tua perlu melakukan pendekatan terkait dengan topik ini dan mendengarkan dulu keluhan anak terkait sekolah, teman, guru sebelum akhirnya memberikan saran atau nasihat.

"Anak perlu didengarkan oleh orang tua dan orang tua perlu belajar mendengarkan anak tanpa langsung memberikan saran atau kalimat penyemangat," kata Feka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement