Ahad 30 Apr 2023 11:14 WIB

Hadapi Heat Stroke, Begini Cara Pencegahan dan Pertolongan Pertamanya

Suhu panas ekstrem bisa memicu masalah kesehatan seperti heat stroke.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cuaca panas ekstrem bisa memicu masalah kesehatan di antaranya heat stroke/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Cuaca panas ekstrem bisa memicu masalah kesehatan di antaranya heat stroke/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, dr Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.TH, DCD mengatakan, salah satu masalah kesehatan yang paling parah disebabkan oleh cuaca panas ekstrem adalah heat stroke. Jika seseorang mengalami heat stroke, bagaimana cara mengatasinya?

Dokter Rudy mengatakan sebelum heat stroke menyerang, biasanya orang akan mengalami heat exhaustion terlebih dahulu, tergantung dari kondisi yang menyerangnya. Dalam kondisi heat exhaustion, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah heat stroke menyerang, seperti hubungi layanan darurat segera agar mereka bisa menuju lokasi Anda dan penderita heat stroke atau heat exhaustion secepatnya.

Baca Juga

Ia menyarankan untuk membawa penderita ke ruangan dengan suhu lebih dingin. Lepas pakaian berlebih (seperti jaket, sepatu, kaos kaki, dan celana ketat tebal).

Setelah itu, kompres penderita dengan kain air dingin untuk membantu menurunkan suhu mereka. Basahi muka, leher, lengan, dan paha kaki penderita dengan air es atau air dingin. Beri penderita air dingin sebanyak-banyaknya untuk diminum.

"Apabila kondisi penderita sudah terlalu parah, Anda bisa menggunakan bathtub dan mengisinya dengan air es untuk penderita heat stroke berendam selagi menurunkan suhu tubuhnya hingga bantuan medis datang," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Tips mencegah heat stroke:

Menghadapi cuaca ekstrem yang panas mungkin adalah hal yang perlu diperhatikan:

1. Hindari aktivitas di area panas terlalu lama, gunakan waktu beraktivitas dengan bijak dengan beristirahat di ruangan dingin sejenak.

2. Gunakan pakaian dengan warna cerah (warna gelap cenderung menyerap panas lebih banyak).

3. Hindari dehidrasi dengan selalu mencukupi kebutuhan air saat merasa haus.

4. Gunakan tabir surya dengan nilai SPF minimal 30.

5. Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik pada saat beraktivitas di dalam ruangan dengan suhu yang relatif panas.

6. Mari sama-sama hadapi cuaca panas kali ini dengan bijak. Apabila Anda merasakan adanya tanda-tanda penyakit di tengah menghadapi cuaca panas yang ekstrem kali ini, segera temui layanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan serta tindakan lebih lanjut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement