Rabu 26 Apr 2023 17:04 WIB

Berapa Idealnya Gaji yang Dimiliki untuk Bisa Beli Mobil LCGC?

Warganet ramai membicarakan besaran gaji untuk bisa punya mobil pribadi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Gelaran IIMS 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Perencana keuangan merekomendasikan konsumen yang membeli mobil secara kredit cicilannya maksimal 15 persen dari penghasilan dengan jangka waktu pinjaman maksimal tiga tahun.
Foto:

Mobil-mobil low cost green car (LCGC) dirancang menggunakan bahan bakar Oktan 92 (atau setara Pertamax) dengan harga sekitar Rp 150 juta. Misalnya, mobil digunakan untuk menempuh jarak rata-rata 50 km, dengan konsumsi 15 km per liter, dan harga pertamax Rp 13.300, maka biaya BBM untuk sebulan Rp 1,33 juta.

Selain itu, ada biaya tahunan seperti pajak sekitar Rp 2,5 juta, asuransi all risk sekitar Rp 4 juta, perawatan mesin Rp 2 juta.

"Jika dirata-rata per bulan, maka sekitar Rp 700 ribu per bulan," kata Fitri.

Fitri menjelaskan total cicilan, bensin, pajak, asuransi, perawatan sekitar Rp 6,5 juta per bulan. Kurang lebih 22 persen dari gaji yang Rp 29,5 juta.

Perhitungan itu hanya asumsi umum. Biaya akan sangat bergantung pada jarak tempuh, gaya berkendara, pemilihan jenis asuransi, tempat perawatan kendaraan, suku bunga kredit.

"Jadi, sebelum membeli mobil pribadi, harus memperhitungkan banyak hal, karena akan berdampak finansial yang cukup signifikan," ujar dia.

Apalagi, jika saat ini Anda sudah punya kredit KPR yang sedang berjalan. Total cicilan (termasuk di dalamnya KPR), sebaiknya tidak lebih dari 35 persen dari penghasilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement