Kamis 27 Apr 2023 04:30 WIB

Jangan Lakukan Tiga Hal Ini Saat Anak Tersedak, Bahaya!

Jangan masukkan jari ke dalam mulut anak yang tersedak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak balita menangis (ilustrasi). Orang tua perlu mengetahui pertolongan pertama saat bayi tersedak.
Foto:

2. Anak

Seperti halnya pada bayi, anak juga bisa diarahkan untuk batuk dengan harapan benda atau makanan yang tersangkut bisa keluar. Selain itu, Anda juga menepuk punggung mereka.

Caranya condongkan tubuh anak ke depan, sambil ditopang dengan tangan satunya. Lalu, berikan lima kali tepukan ke arah belakang di antara tulang belikat.

Periksa mulut akan setiap kali ditepuk, tetapi jangan masukkan jari Anda ke dalam mulut mereka. Selain itu, tindakan chest thrust juga bisa dipraktikkan.

Berdirilah di belakang anak dengan lengan melingkari pinggangnya. Posisikan  satu tangan mengepal di antara pusar dan bagian bawah dada anak.

Pegang kepalan tangan dengan tangan satunya lagi. Lalu, tarik dengan tajam ke dalam dan ke atas, berikan hingga lima dorongan ke arah perut. Periksa mulut mereka setiap kali dilakukan tindakan. 

Terakhir, hubungi nomor petugas medis IGD untuk mendapat pertolongan segera. Ulangi langkah dua dan tiga hingga bantuan tiba. Anda juga bisa mulai CPR jika korban tidak merespons (tidak sadarkan diri).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement