Senin 31 Jul 2023 08:50 WIB

4 Langkah untuk Cegah Anak Tersedak

Ketika tersedak, jalan napas anak tersumbat dan aliran oksigen ke paru-paru menurun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat mengeksplorasi lingkungannya, anak-anak sering kali mencoba memasukkan beragam hal ke dalam mulut . Kondisi ini bisa meningkatkan risiko tersedak pada anak yang dapat berakibat fatal./ilustrasi
Foto: CNN
Saat mengeksplorasi lingkungannya, anak-anak sering kali mencoba memasukkan beragam hal ke dalam mulut . Kondisi ini bisa meningkatkan risiko tersedak pada anak yang dapat berakibat fatal./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat mengeksplorasi lingkungannya, anak-anak sering kali mencoba memasukkan beragam hal ke dalam mulut mereka. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko tersedak pada anak yang dapat berakibat fatal.

"Ada banyak hal di sekitar rumah yang mungkin tak terpikirkan oleh orang tua dan pengasuh bahwa itu bisa membuat anak kecil tersedak," kata tim perawat anak dari CPR Kids, seperti dilansir The Sun pada Senin (31/7/2023).

Baca Juga

Ketika tersedak, jalan napas anak akan tersumbat dan aliran oksigen ke paru-paru menurun secara drastis. Tanpa oksigen, kerusakan pada otak hingga kematian bisa terjadi.Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pengasuh untuk melakukan sejumlah upaya pencegahan agar anak terhindar dari tersedak. 

Berikut ini adalah empat upaya pencegahan.

1.Sesuaikan Bentuk Makanan

Pastikan makanan yang akan dikonsumsi oleh anak sudah dipotong-potong dengan ukuran yang sesuai. Makanan berbentuk bulat seperti anggur atau tomat ceri harus dibelah empat terlebih dahulu. Sedangkan makanan berbentuk silinder seperti pisang, sosis, atau wortel perlu dipotong memanjang seperti stick.Selain itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya tak diberikan kepada anak karena berisiko menyebabkan tersedak. Sebagian dari makanan tersebut adalah popcorn, marshmallow, permen keras, dan kacang utuh.

 

2.Biasakan Anak Duduk Saat Makan

Salah satu hal yang dapat meningkatkan risiko tersedak pada anak adalah berlari sambil makan atau menyimpan sesuatu di dalam mulut. Berkaitan dengan hal ini, orang tua sebaiknya membiasakan anak mereka untuk duduk saat makan besar atau menikmati cemilan.

 

3.Perhatikan Anak Saat Makan

Orang tua sebaiknya tidak meninggalkan anak saat anak makan, meski hanya sebentar. Membiarkan anak makan sendiri tanpa pengawasan bisa meningkatkan risiko tersedak pada anak. Terlebih, anak yang tersedak tak selalu mengeluarkan suara."Selalu pantau anak saat mereka makan sehingga Anda bisa mengetahui dan segera memberikan bantuan bila insiden tersedak terjadi," ujar tim CPR Kids.

 

4.Jauhkan benda yang berpotensi berbahaya

Semua benda yang bisa masuk ke dalam kardus gulung tisu toilet bisa menyebabkan anak tersedak. Orang tua dianjurkan untuk menjauhi beragam benda seperti ini dari jangkauan anak. Umumnya, anak-anak bisa mendapatkan benda kecil dan memasukkannya ke dalam mulut saat sedang merangkak atau berjalan di dalam rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement