Rabu 26 Apr 2023 16:33 WIB

5 Skincare yang Perlu Dimiliki untuk Dapatkan Kulit Halus dan Bercahaya

Dengan modal 5 skincare ini, Anda bisa mendapatkan kulit halus dan bercahaya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memandangi produk skincare-nya. Tidak semua skincare benar-benar bermanfaat seperti yang dipromosikan.
Foto: Prayogi/Republika
Perempuan memandangi produk skincare-nya. Tidak semua skincare benar-benar bermanfaat seperti yang dipromosikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kulit wajah yang cerah dan halus telah menjadi impian banyak orang. Tak aneh jika banyak produk skincare yang menjanjikan bisa mengatasi kulit kusam dan kulit yang kasar.

Agar tidak salah pilih produk, dokter kulit sekaligus pendiri The Dermatology Collective di California, AS, Christopher Tomassian, memberikan saran produk yang bisa digunakan untuk membuat tekstur kulit lebih merata, dan cara mengatur waktu penggunaannya selama sepekan.  Seperti dilansir dari Insider, Rabu (26/4/2023), berikut adalah produk-produk yang direkomendasikan Tomassian.

Baca Juga

1. Vitamin C

Tomassian menyarankan untuk menggunakan serum vitamin C setiap pagi. Penelitian menunjukkan bahwa mengaplikasikan vitamin C pada kulit dapat membantu produksi kolagen, meringankan hiperpigmentasi, dan memperbaiki berbagai keluhan inflamasi pada kulit, serta membuat kulit tidak terlalu kasar.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang dokter kulit yang berbasis di Wyoming AS, Afton Cobb.

"Jika Anda menggunakan vitamin C oles, itu dapat membantu meminimalkan kerusakan akibat paparan lingkungan dan matahari, untuk membantu mencegah keriput dan penuaan karena dapat meningkatkan kolagen," kata dia.

2. Niacinamide

Langkah selanjutnya yang direkomendasikan Tomassian adalah menggunakan niacinamide setiap malam. Dokter kulit bersertifikat, Suchismita "Tia" Paul, sebelumnya mengatakan kepada Insider bahwa niacinamide adalah jenis vitamin B3 yang dapat menghidrasi kulit, serta memerangi jerawat, kemerahan ringan, dan flek hitam.

3. Retinol

Tomassian menyarankan untuk menggunakan retinol tiga kali sepekan di malam hari. Sebagai salah satu bentuk vitamin A, retinol adalah pembentuk kolagen dan dapat melawan tanda-tanda penuaan.

Dokter kulit yang berbasis di Minnesota, AS, Mohiba Tareen, menjelaskan bahwa retinol adalah satu-satunya agen topikal terapan yang telah terbukti benar-benar menstimulasi kolagen dan membuat kulit kenyal karena pembentukan pembuluh darah baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement