Rabu 26 Apr 2023 11:31 WIB

Taiwan Temukan Zat Diduga Pemicu Kanker di Mi Instan Indomie, Guru Besar FKUI Buka Suara

BPOM harus melakukan evaluasi terhadap komponen yang terkandung dalam produk itu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dugaan produk mi instan Indomie yang bisa memicu kanker harus dieksplorasi lebih lanjut/ilustrasi
Foto: Max Pixel
Dugaan produk mi instan Indomie yang bisa memicu kanker harus dieksplorasi lebih lanjut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kementerian Kesehatan Taiwan menemukan dua produk mi instan asal Indonesia dan Malaysia, mengandung zat karsinogenik pemicu pertumbuhan sel kanker. Benarkah demikian?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menjelaskan mengenai dugaan produk mi instan Indomie yang bisa memicu kanker harus dieksplorasi lebih lanjut.

Baca Juga

"Ketika ada suatu isu yang mengandung sesuatu yang berbahaya, tentu perlu dilakukan evaluasi mengapa demikian adanya," ujar guru besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo kepada Republika.co.id, Rabu (26/4/2023)

Menurut Prof Ari, ini adalah tugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan evaluasi apakah ada komponen-komponen yang bisa mempengaruhi masyarakat yang mengonsumsi mi instan tersebut.

"Mengandung etilen oksida atau tidak, tentu harus dikonfrimasi dengan BPOM karena inilah salah tanggung jawab BPOM," ujarnya.

Ada pula isu yang mengatakan mi instan bisa lengket di usus, benarkah demikian? Menurut Prof Ari, tidak ada perlengketan mi instan di dalam usus. Ketika makan mi instan, ada proses pencernaan di lambung, dihancurkan oleh asam lambung sehingga menjadi bagian yang mudah diserap di usus halus. "Jadi kenyataannya mi instan suatu kondisi hancur dan diserap oleh usus akan bercampur dalam feses. Bukan sesuatu yang tidak atau sulit diurai," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement