Rabu 26 Apr 2023 13:40 WIB

Siloam Hospitals Surabaya Edukasi Masyarakat Soal Kesehatan Jantung

Medical check up berkala membantu memastikan kesehatan jantung.

Sakit jantung (ilustrasi). Siloam Hospitals Surabaya, Jawa Timur, memberikan edukasi kepada masyarakat seputar kesehatan jantung.
Foto: www.freepik.com.
Sakit jantung (ilustrasi). Siloam Hospitals Surabaya, Jawa Timur, memberikan edukasi kepada masyarakat seputar kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Siloam Hospitals Surabaya, Jawa Timur, memberikan edukasi kepada masyarakat seputar kesehatan jantung.

Salah seorang dokter Siloam Hospitals Surabaya dr. Ragil Nur Rosyadi, SpJP (K), FIHA menjelaskan, penyakit jantung aritmia merupakan jenis penyakit jantung yang berbeda dengan penyakit jantung koroner. Aritmia adalah gangguan pada detak jantung atau irama jantung yang ditandai dengan detak jantung yang tidak teratur, bisa terlalu cepat atau terlalu lambat.

Baca Juga

Menurut dr. Ragil, kebanyakan kasus gangguan detak jantung sering timbul tanpa gejala apapun, sehingga membuat seseorang tak sadar jika dirinya terkena aritmia. "Aritmia adalah gangguan jantung yang bisa menyerang siapa saja," ujarnya.

Dia menambahkan, seseorang yang memiliki jantung sehat juga berpotensi terkena aritmia jika berada dalam kondisi penyalahgunaan alkohol, diabetes, konsumsi kafein berlebihan, gangguan hormonal (contoh: gangguan tiroid), tegang atau stres emosional, merokok, dan mengonsumsi obat-obatan. Untuk memastikan apakah seseorang memiliki gangguan jantung aritmia atau tidak, lanjut dia, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah atau melakukan medical check up secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung.

Dokter, kata dia, biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan EKG ataupun holter (perekaman EKG dengan alat khusus selama 24 jam), dan bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan khusus yang disebut Electrophysiology Study (EP Study). EP Study merupakan jenis pemeriksaan listrik jantung secara lebih detail dan menyeluruh yang mampu mendeteksi gangguan pada impulse listrik yang biasanya menjadi penyebab gangguan irama jantung.

Gangguan kesehatan dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Oleh karena itu, masyarakat perlu diedukasi agar sadar akan pentingnya medical check up. "Dengan medical check up, kami peduli terhadap kesehatan sehingga produktivitas terus berjalan," kata Direktur dari Siloam Hospitals Surabaya dr Lisa Gunawan, MM menambahkan.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement