Selasa 25 Apr 2023 12:31 WIB

Pakar dari AirAdvisor Ungkap Posisi Kursi yang Sebaiknya Dihindari di Pesawat

Ada empat area kursi yang perlu dihindari penumpang pesawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penumpang pesawat (Ilustrasi). Menurut pakar perjalanan dari AirAdvisor, ada empat area kursi di pesawat yang sebaiknya tidak dipesan penumpang.
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Penumpang pesawat (Ilustrasi). Menurut pakar perjalanan dari AirAdvisor, ada empat area kursi di pesawat yang sebaiknya tidak dipesan penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih kursi yang ideal bisa jadi salah satu hal rumit saat akan bepergian dengan pesawat terbang. Pakar perjalanan dari AirAdvisor, Anton Radchenko, membagikan tempat duduk yang sebaiknya dihindari penumpang karena sejumlah alasan.

Menghindari sejumlah kursi pesawat yang tidak direkomendasikan Radchenko bisa dilakukan apabila terdapat fitur memilih posisi kursi saat membeli tiket. Berikut empat area kursi yang menurutnya perlu dihindari, dikutip dari laman Express, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

Bagian belakang pesawat

Di sebagian besar pesawat, kursi dengan ruang kaki ekstra berada di bagian depan. Akibatnya, penumpang di area belakang pesawat tidak memiliki ruang untuk meregangkan tubuh.

Jika pesawat hanya menurunkan penumpang dari pintu depan, penumpang yang duduk di belakang akan menjadi yang terakhir turun. Radchenko juga menyoroti risiko gangguan soal kenyamanan selama perjalanan kursi di bagian belakang pesawat selama perjalanan.

"Anda akan lebih merasakan turbulensi, biasanya lebih keras karena mesin pesawat dan tenaga tambahan di dekat bagian belakang," ujarnya.

Kursi dekat pantri

Pantri pesawat adalah area kecil di pesawat tempat kru menyimpan serta menyiapkan makanan dan minuman. Lokasinya bisa di depan, belakang, atau di tengah pesawat.

Awak kabin tentunya akan sering menggunakan dapur dalam penerbangan jarak jauh sehingga penumpang mungkin mendengar kebisingan. Penumpang lain juga dapat mendekati dapur untuk mengajukan pertanyaan kepada awak kabin.

"Lebih nyaring karena di situlah tempat awak pesawat selama penerbangan. Itu bisa sangat membuat frustrasi atau sulit tidur," kata Radchenko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement