Kamis 20 Apr 2023 16:03 WIB

Latihan Fisik Jelang, Selama Perjalanan, di Tempat Tujuan, dan Setelah Pulang Mudik

Pastikan tubuh siap untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga (ilustrasi). Latihan fisik perlu dilakukan sebelum keberangkatan, selama di perjalanan, selama di tempat tujuan, dan setelah kepulangan dari perjalanan jauh.
Foto: Pixabay
Olahraga (ilustrasi). Latihan fisik perlu dilakukan sebelum keberangkatan, selama di perjalanan, selama di tempat tujuan, dan setelah kepulangan dari perjalanan jauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk setiap perjalanan panjang, baik mudik atau liburan, persiapan fisik mutlak diperlukan. Ini penting untuk meningkatkan stamina tubuh dan menghindarkan penyakit.

"Latihan fisik ini harus dilakukan sebelum keberangkatan, selama di perjalanan, selama di tempat tujuan, dan setelah kepulangan," kata dokter spesialis kedokteran olahraga Listya Tresnanti Mirtha yang akrab disapa dr Tata ini dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Sebelum keberangkatan, dr Tata mengingatkan untuk memastikan tubuh siap berkendara jarak jauh. Mulai lakukan latihan fisik ringan dan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

"Jangan lupa mengontrol dan menjaga kesehatan tetap prima sampai waktu mudik tiba serta istirahat yang cukup," ujar dr Tata yang juga ketua Bidang Penelitian Pengembangan dan Survei Keprofesian Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

 

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama persiapan perjalanan, dr Tata merekomendasikan olahraga ringan di pagi hari karena suhu udara masih dalam kondisi segar dan tidak menimbulkan haus yang berlebihan. Olahraga pagi ini sebaiknya dilakukan minimal tiga kali dalam sepekan.

"Latihan fisik ringan setelah sahur/sholat subuh seperti jalan kaki atau lari di tempat selama 10 sampai 15 menit maksimal 30 menit. Latihan-latihan ringan ini memiliki komposisi 70 persen latihan kardiorespirasi dan 30 persen latihan penguatan," jelas dr Tata.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement