Jumat 14 Apr 2023 02:32 WIB

Rajin Olahraga Tapi Berat Badan tak Turun, Perlukah Menyerah?

Mengandalkan diet saja untuk menurunkan berat badan akan mengurangi otot.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga (ilustrasi). Anda memerlukan sekitar 60 menit olahraga sedang per hari untuk mencapai penurunan berat badan signifikan.
Foto: PxHere
Olahraga (ilustrasi). Anda memerlukan sekitar 60 menit olahraga sedang per hari untuk mencapai penurunan berat badan signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berniat menurunkan berat badan, biasanya hal yang terlintas di benak adalah olahraga. Namun bisa jadi tak sedikit yang berkecil hati ketika sudah rutin berolahraga namun berat badan tak kunjung turun. 

Meski demikian, ahli mengingatkan bahwa olahraga tetap penting. Pemimpin program penelitian pusat Charles Perkins, University of Sydney, Nick Fuller, mengatakan dalam penelitian terbaru ditemukan bahwa olahraga memiliki dampak minimal pada penurunan berat badan. Ini termasuk studi meta yang memeriksa semua studi yang relevan di area tersebut.

Baca Juga

Studi menemukan bahwa mereka yang berolahraga sendirian dapat turun berat badan minimal dibandingkan dengan mereka yang berolahraga dan juga mengurangi asupan energinya. Berdasarkan studi pada 2018, penelitian menemukan bahwa penurunan berat badan yang substansial tidak mungkin terjadi ketika peserta mengikuti pedoman pengaturan minimum untuk aktivitas fisik.

“Ini mengatur 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit setiap pekan,” kata dia seperti dikutip dari Sciencealert pada akhir pekan lalu.

 

Volume keseluruhan olahraga harus jauh di atas tingkat minimum yang direkomendasikan untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan tanpa diet. Studi menunjukkan, Anda memerlukan sekitar 60 menit olahraga sedang per hari untuk mencapai penurunan berat badan signifikan. Banyak penelitian yang mengimbau untuk fokus berolahraga sebagai bagian dari program penurunan berat badan apa pun.

Berikut alasan olahraga tetap penting untuk manajemen berat badan, terlepas dari berapa angka di timbangan:

1. Olahraga membantu menjaga berat badan dalam jangka panjang

Olahraga akan memperbaiki komposisi tubuh dan mencegah penurunan otot. Mengandalkan diet saja untuk menurunkan berat badan akan mengurangi otot bersama dengan lemak tubuh dan memperlambat metabolisme. Studi jangka panjang menemukan mereka yang mempertahankan tingkat olahraga tinggi (mengeluarkan lebih dari 2.500 kalori setiap pekan, misalnya dengan berjalan kaki 75 menit per hari) mempertahankan penurunan berat badan yang jauh lebih besar dibandingkan peserta yang berolahraga lebih sedikit.

2. Olahraga memiliki manfaat kesehatan secara keseluruhan

Penelitian menunjukkan olahraga sama pentingnya dengan penurunan berat badan untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini karena sebagian besar penanda risiko diabetes dan penyakit jantung yang terkait dengan obesitas dapat diperbaiki dengan olahraga.

Olahraga juga mengurangi tingkat stres, bahkan olahraga tingkat rendah akan mendorong penurunan gejala depresi, meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan tidur yang lebih baik. Pada gilirannya, ini akan membantu mengatur pola makan dengan lebih baik, dengan dorongan suasana hati membantu memilih makanan yang lebih sehat ketimbang impulsif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement