Jumat 21 Apr 2023 16:00 WIB

Kue Kering Termasuk Makanan Kalori Kosong, Berapa Banyak Boleh Dimakan?

Kue kering seperti nastar dan lidah kucing biasanya terhidang saat Lebaran.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kue Lebaran (Ilustrasi). Meskipun kalorinya terlihat kecil, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka kue lebaran akan tetap besar juga kandungannya.
Foto:

6. Kue kacang

Dokter Dion mengatakan, berat rata-rata 1 buah kue kacang sekitar 6 gram. Lalu untuk kalori per 1 pcs kue kacang, yaitu sekitar 33 kkal, sehingga 100 gram sekitar 536 kcal.

Nah kalori dari kue kacang ini terbilang paling tinggi dibandingkan dengan kue kering lain. Lalu, berapa banyak kue kering yang boleh dimakan dalam satu hari?

Dokter Dion mengatakan bahwa dalam hal ini akan kembali pada kebutuhan kalori dan prioritas seseorang. Namun, ia menyarankan kue kering hanya boleh dikonsumsi sekitar 10 sampai 20 persen dari total kebutuhan kalori harian.

Pasalnya, kue kering seperti ini termasuk kalori kosong. Ini merupakan istilah untuk makanan berkalori (terdiri atas mayoritas lemak dan gula) yang tidak memberikan nilai nutrisi yang berarti.

"Rata-rata kebutuhan kalori orang dewasa itu sekitar 2.000 kkal, jadi 10-20 persen itu berarti sekitar 200-400 kkal. Nah jika mengacu pada perhitungan tadi, artinya dalam sehari orang dewasa bisa mengonsumsi 10 sampai 13 buah kue kering.

"Tapi ingat, perhitungan ini kembali pada ukuran dan adonan kue ya, karena setiap kue berbeda," kata dr Dion.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement