Rabu 19 Apr 2023 17:31 WIB

Bentuk Feses Bisa Berubah-ubah, Seperti Apa yang Berbahaya?

Bentuk tinja dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Buang air besar (Ilustrasi). Bentuk feses dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang.
Foto:

4. Mirip bubur

Dokter Nigma menjelaskan kotoran yang mirip bubur dapat menjadi penandainfeksi. Bentuk tinjanya encer, tetapi tidak sepenuhnya cair.

Jika berlangsung tidak lebih dari beberapa hari, kemungkinan besar itu dari virus biasa atau flu perut. Kalau cuma berlangsung sehari, bisa jadi itu menjadi tanda intoleransi makanan atau kecemasan.

"Terlalu banyak magnesium, baik dari diet atau obat-obatan, juga bisa menyebabkan diare, kram perut, dan muntah," kata dr Nigma.

photo
Bentuk tinja bisa mencerminkan status kesehatan seseorang. - (Republika)

5. Seperti lendir

Feses lendir biasanya memperlihatkan tinja yang diwarnai dengan garis-garis putih atau kuning. Ini bisa menjadi indikator penyakit Crohn.

Penyakit tersebut adalah kondisi usus yang dapat menyebabkan peradangan di saluran pencernaan. Menurut NHS, selain kotoran berlendir, kondisi ini dapat menyebabkan diare, malanutrisi, darah di tinja, dan sakit perut.

6. Hot dog

Jenis tinja yang dinamai sosis hot dog adalah kotoran yang sempurna. Bentuk nya panjang seperti sosis dengan dilengkapi beberapa celah. Teksturnya agak lunak dan Anda tidak sulit untuk mengeluarkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement