Rabu 19 Apr 2023 14:52 WIB

Setelah Raih Oscar, Michelle Yeoh Siap Jajal Tantangan Baru

Michelle Yeoh meraih Oscar lewat film Everything Everywhere All at Once.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Michelle Yeoh mendapat penghargaan Aktris Terbaik dalam gelaran Oscar 2023. Dia meraihnya setelah menjadi pemeran utama Everything Everywhere All at Once.
Foto: Photo by Jordan Strauss/Invision/AP
Michelle Yeoh mendapat penghargaan Aktris Terbaik dalam gelaran Oscar 2023. Dia meraihnya setelah menjadi pemeran utama Everything Everywhere All at Once.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Michelle Yeoh telah mencetak sejarah sebagai orang Asia pertama yang memenangkan Piala Oscar dalam gelaran Academy Awards ke-95. Meski baru sebulan berlalu sejak kemenangan bersejarah tersebut, Yeoh sudah siap untuk mencoba tantangan baru dalam berakting.  

"Saya selalu mencari sebuah tantangan," jelas Yeoh, seperti dilansir Fox News, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Yeoh berhasil memenangkan kategori Best Actress untuk performanya dalam film Everything Everywhere All at Once. Yeoh berharap kemenangannya tersebut dapat menjadi pemantik harapan bagi banyak wanita Asia.

"Ini menunjukkan bahwa pencapaian ini bisa diraih dan kalian semua bisa melakukannya," kata Yeoh.

 

Salah satu rahasia kesuksesan Yeoh mungkin berakar pada kecintaannya dengan dunia akting. Aktris keturunan Malaysia ini memulai karier beraktingnya di Hong Kong, sebelum kemudian terjun ke Hollywood.

Selama berkarier, Yeoh kerap menolak untuk dikotakkan dalam peran-peran yang stereotipikal. Selain itu, Yeoh juga tak pernah memandang akting sebagai sebuah pekerjaan, melain gairahnya.

"Sebagai seorang aktor, saya mencintai apa yang bisa saya lakukan. Saya sangat beruntung bisa mengatakan bahwa ini bukan sebuah pekerjaan, ini benar-benar sebuah passion," ujar Yeoh.

Yeoh juga merasa bersyukur karena selama menekuni kariernya, dia bisa bisa terlibat dalam proyek film yang sangat beragam. Tak hanya itu, dia juga merasa senang karena kerap bekerja dengan sineas film yang menghargai nilai-nilai yang dia pegang teguh.

"(Saya bersyukur bekerja dengan sineas film berpikiran maju) untuk memperjuangkan apa yang saya benar-benar yakini, representasi, keberagaman, dan khususnya pemberdayaan wanita," ucap Yeoh.

Terkait pengembangan karier di industri film, Yeoh tampak tak tertarik untuk menjajal kemampuannya menjadi seorang sutradara. Menurut Yeoh, sutradara merupakan karier yang menyita sangat banyak waktu dan dia tak ingin mengorbankan kehidupan pribadinya untuk itu.

"Sutradara tak memiliki kehidupan. Saya terlalu mencintai hidup saya," kata Yeoh.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement