Selasa 18 Apr 2023 22:33 WIB

3 Jenis Makanan yang Efektif Turunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung dan strok.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sop Lentil, masakan Ramadhan khas Timur Tengah. Konsumsi tiga jenis kacang-kacangan, seperti buncis, kacang polong, dan lentil, dapat menjaga kadar kolesterol.
Foto:

The British Heart Foundation menjelaskan bahwa satu porsi kacang-kacangan sudah menyediakan sekitar sepertiga dari serat yang dibutuhkan sepanjang hari. Ini berarti makanan tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, strok, diabetes tipe 2, dan kanker usus.

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, peneliti merekomendasikan mengonsumsi sekitar 130 gram kacang-kacangan setiap hari. Ini juga bisa didapat dari sekitar sepertiga isi kacang kalengan, yang dapat dibeli hanya dengan harga tertentu, tergantung pada varietas kacang pilihan dan toko tempat orang membelinya.

Heart UK menyebut bahwa tiga sendok makan buncis, kacang polong, atau lentil sudah cukup. Dari buncis hingga lentil merah, semua opsi diperhitungkan untuk tujuan ini. Tidak masalah apakah orang memilih kacang segar, kalengan, beku atau kering, menurut badan amal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement