Tips Mudik dan Lebaran Aman di Tengah Ancaman Subvarian Arcturus

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 18 Apr 2023 09:50 WIB

Penyebaran subvarian Arcturus (ilustrasii). Anda perlu tetap menerapkan protokol kesehatan selama mudik dan Lebaran 2023. Foto: MgIT03 Penyebaran subvarian Arcturus (ilustrasii). Anda perlu tetap menerapkan protokol kesehatan selama mudik dan Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka penyintas Covid-19 sudah menurun. Namun subvarian baru justru muncul, bahkan telah masuk ke Indonesia dan menginfeksi dua orang.

Secara bersamaan, libur Lebaran sudah dimulai dan banyak orang mulai mudik ke kampung halaman. Mereka akan berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabatnya. Bagaimana agar Lebaran dan mudik tetap aman di tengah munculnya varian baru Covid-19?

Baca Juga

Dokter spesialis penyakit dalam RS Pondok Indah-Pondok Indah dr Oryza Gryagus Prabu mengimbau masyarakat agar tetap aman dari ancaman subvarian baru Covid-19. Caranya, dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Anda harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, membatasi mobilitas serta menghindari kerumunan.

Selain itu, konsumsi makan bergizi, minum cukup, dan istirahat cukup untuk meningkatkan imunitas. Dr Oryza mengatakan, Anda juga harus melengkapi vaksin, paling tidak dua kali vaksin wajib dan satu kali booster. Jangan lupa untuk terus memantau gejala yang muncul.

"Melakukan pemeriksaan swab antigen atau PCR jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, sesak napas, hidung tersumbat, kehilangan rasa atau bau, dan lain sebagainya," ujarnya kepada Republika.co.id, Selasa (18/4/2023).

Ia mengingatkan untuk tidak bepergian jika sedang mengalami gejala. "Beritahu keluarga lain atau kontak dekat lainnya jika mengalami gejala atau terbukti positif Covid-19," ujarnya. Lakukan isolasi mandiri jika telah terbukti positif berdasarkan hasil swab antigen atau PCR.

 

Terpopuler