Senin 17 Apr 2023 10:25 WIB

Pasangan Cemburu, Hati-Hati Jika Ada 5 Tanda Ini Bisa Picu Masalah Serius

Kecemburuan adalah emosi alami yang dirasakan manusia dari waktu ke waktu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan cemburu (ilustrasi). Rasa cemburu adalah hal normal yang dirasakan manusia. Namun Anda patut waspada jika kecemburuan mencapai tanda-tanda ini.
Foto: www.freepik.com
Pasangan cemburu (ilustrasi). Rasa cemburu adalah hal normal yang dirasakan manusia. Namun Anda patut waspada jika kecemburuan mencapai tanda-tanda ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika kecemburuan muncul, itu bisa berdampak luar biasa pada hubungan apa pun, termasuk bagi pasangan suami dan istri. Menurut terapis, rasa cemburu sebenarnya normal. Akan tetapi jika sampai mengendalikan perilaku seseorang, bisa menimbulkan masalah serius.

"Kecemburuan adalah emosi alami yang kita semua rasakan dari waktu ke waktu," kata Courtney M Hubscher dari GroundWork Counseling dikutip dari Best Life, dikutip Senin (17/4/2023).

Baca Juga

Kecemburuan sering kali berasal dari perasaan tidak aman dan takut digantikan atau kehilangan status dalam hubungan. Meskipun tidak jarang kecemburuan mengganggu hubungan pasangan, itu tidak sama dengan iri hati, setidaknya dalam dunia psikologi.

"Iri hati, yang terkait dengan menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain, memiliki rasa yang berbeda dari kecemburuan," kata psikolog klinis Carla Marie Manly.

Menurut profesor komunikasi antarpribadi di University of Illinois Springfield, Beth Ribarksy, kecemburuan dapat terwujud dalam berbagai bentuk. Terlepas dari variasi cemburu yang mengganggu hubungan, ada beberapa cara umum yang dilakukan pasangan untuk mengungkapkan perasaan ini.

1. Mencoba merusak hubungan

Ahli strategi kehidupan transisi dan pendiri Randi Levin Coaching, Randi Levin, mencatat bahwa kecemburuan sering kali berasal dari rasa tidak aman. Akibatnya, pasangan bisa takut kehilangan karena orang lain dan mencoba untuk "merusak hubungan”. Misalnya, pasangan mengalami perubahan penampilan, kemudian mereka tidak percaya diri, lalu mulai mempertanyakan apakah pasangan masih mencintai mereka. Bahkan bisa menuduh pasangan selingkuh atau tidak setia.

2. Mengecilkan kesuksesan pasangan

Pasangan yang baik akan mendukung kesuksesan dan menjadi pendukung terbesar. Sifat meremehkan bisa merupakan cara pasif-agresif untuk menunjukkan bahwa mereka iri dengan pencapaian pasangan. Ribarsky merekomendasikan untuk berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan, namun jauh lebih penting mengelola emosi sendiri terkait cemburu ini.

3. Membuat komentar yang berbeda atau tidak jujur tentang pasangan

Menurut Ribarksy, meskipun pasangan mungkin mengatakan semua hal yang benar, pujian itu mungkin terasa berlebihan, tidak tulus, dan sarkastik.

Direktur klinis di Absolute Awakenings, Candace Kotkin-De Carvalho, mengatakan, komentar tersebut mungkin benar-benar berubah menjadi lebih kejam. Jika pasangan cemburu, mereka bisa memberi komentar yang meremehkan tentang kesuksesan dan pencapaian Anda. Mereka kurang antusiasme untuk hal-hal yang penting bagi pasangan.

4. Tidak menghormati batasan

Jika pasangan tidak menghormati batasan jelas yang telah ditetapkan dalam hubungan, itu bisa menjadi indikator lain bahwa dia merasa cemburu atau terancam. Levin menjelaskan, pasangan mungkin melakukan hal-hal seperti menguntit atau membaca teks dan email Anda untuk mencari petunjuk potensial untuk mendukung asumsi mereka tentang Anda.

5. Terganggu oleh hal-hal kecil

Hubscher mengatakan, tanda lain yang jelas dari kecemburuan adalah jika pasangan tiba-tiba marah atau kesal dengan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah mengganggu mereka. Mungkin mereka tidak pernah terganggu oleh keanehan kecil, seperti selalu lupa memasang kembali penutup pasta gigi tetapi yang harus jadi perharian adalah jika mereka sampai menyerang hingga mencaci maki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement