Jumat 14 Apr 2023 11:48 WIB

Ini Perilaku Orang Indonesia Selama Ramadhan

Ada tren penurunan jumlah orang yang melakukan buka puasa di luar rumah.

Mie instan menjadi makanan yang kerap menjadi pilihan untuk sahur (ilustrasi)
Foto: www.maxpixel.com
Mie instan menjadi makanan yang kerap menjadi pilihan untuk sahur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Lebih dari 80 persen orang memasak makanan sendiri maupun disiapkan oleh anggota keluarga lain di rumah untuk sahur (90 persen) dan berbuka puasa (83 persen) pada awal Ramadhan tahun ini,menurut hasil survei yang diadakan Jakpat pada 31 Maret 2023.

Survei itu, seperti disiarkan keterangan tertulis, Jumat, melibatkan sebanyak 1.371 responden Muslim dari berbagai wilayah di Indonesia guna mengetahui kebiasaan mereka terkait makan dan bermedia sosial saat bulan Ramadhan.

Baca Juga

Survei juga mengungkap jenis makanan yang paling kerap dimasak di awal bulan Ramadhan, yakni berasal dari bahan makanan segar. Sementara itu, jenis makanan yang paling sering dimasak di rumah saat sahur yakni mie instan (44 persen) dan makanan beku seperti nugget atau sosis (42 persen).

Saat berbuka puasa, sebanyak 32 persen responden memilih makanan beku dan makanan siap makan yang bisa langsung disantap setelah dipanaskan atau digoreng seperti ayam ungkep atau rendang.

 

"Jika dibandingkan dengan laporan Ramadhan Jakpat tahun 2022, kita menemukan ada tren penurunan jumlah orang yang melakukan buka puasa di luar rumah. Di saat yang sama, ada tren kenaikan jumlah konsumen yang berbuka puasa dengan cara masak di rumah sendiri," kata Kepala Penelitian Jakpat Aska Primardi.

Aska mengatakan perubahan tren terjadi kemungkinan karena daya beli masyarakat yang menurun sejak Semester II 2022 akibat inflasi, kenaikan harga barang kebutuhan pokok sampai PHK massal.

Masakan rumahan seperti tempe, ayam goreng atau sup sayur, menjadi menu paling populer untuk dipesan secara daring menggunakan aplikasi multiplatform seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood.

Makanan cepat saji dipilih untuk sahur. Sementara makanan untuk berbuka puasa yang dicari masyarakat adalah masakan Indonesia seperti bakso, mi ayam serta soto.

Mengenai minuman, hampir 50 persen responden memilih minuman berbasis teh saat sahur dan berbuka puasa. Teh celup menjadi tipe minuman yang paling digemari, diikuti minuman berbasis susu dan buah menjadi dua pilihan favorit berikutnya.

Survei Jakpat juga menemukan tiga dari empat responden mengonsumsi suplemen dan vitamin pada awal Ramadhan 2023. Vitamin C (37 persen) dan madu (31 persen) menjadi yang paling banyak dikonsumsi dan sebanyak 64 persen responden mengonsumsinya saat sahur.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement