Selasa 11 Apr 2023 17:00 WIB

Bukan Pelit, Ini Alasan Sejumlah Hotel di Spanyol tak Lagi Sediakan Toiletries Gratis

Biasanya, hotel menyediakan sabun, sikat gigi, hingga pisau cukur gratis buat tamu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kamar mandi hotel (Ilustrasi). Biasanya, hotel menyediakan sabun, sampo, dan pasta gigi gratis untuk sekali pakai. Mengusung pariwisata berkelanjutan, sejumlah hotel di Spanyol mulai meniadakan fasilitas gratis tersebut.
Foto:

Fasilitas yang dapat dimakan juga akan terpengaruh, termasuk cokelat, kopi sachet, air dalam kemasan botol, anggur, buah, teh, permen, dan botol sampanye. Begitu pula perlengkapan alat tulis di hotel, seperti pulpen, buku tulis, penghapus, notes, pensil, dan rautan pensil juga akan ditiadakan.

Kepulauan Balearic memperkenalkan undang-undang baru itu sejak tahun lalu dan penerapannya akan dimulai secara penuh di musim pertama tahun ini. Pemerintahan di kepulauan itu adalah salah satu daerah pertama di Spanyol yang melakukannya dan dianggap sebagai pelopor pariwisata berkelanjutan.

Dengan alasan yang sama, banyak hotel di Eropa telah meniadakan perlengkapan mandi versi travel size. Sebagai gantinya, pihak hotel menyediakan produk dalam botol lebih besar yang dipasang di kamar, guna tetap memenuhi kebutuhan tamu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement