Rabu 12 Apr 2023 04:00 WIB

Makanan-Minuman yang Perlu Dihindari Demi Kesehatan Otak

Makanan dan minuman tertentu dapat bahayakan kesehatan otak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk protein (Ilustrasi). Produk bubuk protein banyak yang mengandung pemanis buatan yang dapat mengganggu mikrobioma usus. Padahal, mikrobioma yang sehat sangat penting untuk kesehatan otak.
Foto:

5. Bir

Ahli saraf Byran Ho mengatakan bir sepenuhnya terdiri dari kalori kosong tanpa nilai gizi. Ia menjelaskan bahwa alkohol adalah racun saraf yang dapat melukai sistem saraf pusat dan perifer, bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan.

6. Kopi decaf

 Anda penggemar kopi tanpa kafein? Ahli saraf dan CEO Ellipse Analytics, Sean Callan, menyarankan agar Anda melewatkan minuman ini, kecuali Anda yakin proses dekafeinasinya bebas pelarut. Menurut dia, bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan kafein dari kopi umumnya beracun bagi manusia.

"Banyak yang terkait dengan peningkatan risiko kanker atau kerusakan saraf, terutama dalam dosis besar atau berulang. Di luar itu, pelarut seperti metilen klorida, yang biasa digunakan dalam proses dekafeinasi dapat melewati plasenta," ujar dia.

7. Kentang goreng

Kentang goreng adalah salah satu makanan utama yang dihindari oleh ahli saraf Pedram Navab. Diet yang memasukkan makanan berlemak seperti kentang goreng bisa merusak pembuluh darah yang mensuplai otak.

"Ini mengurangi integritas penghalang darah-otak (BBB) dan menyebabkan kerusakan saraf pada hippocampus, bagian otak yang berperan penting untuk pembelajaran dan memori," ucap dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement