Senin 10 Apr 2023 09:23 WIB

Inspirasi Busana Kekinian untuk Bukber, Apa Saja?

Saat Ramadhan, busana menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Busana gaya bohemian menjadi alternatif busana menarik untuk buka bersama/ilustrasi.
Foto: dailymail
Busana gaya bohemian menjadi alternatif busana menarik untuk buka bersama/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Momen buka puasa bersama (bukber) menjadi salah satu agenda wajib kebanyakan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan. Bukber sendiri merupakan ajang silaturahmi dengan teman maupun kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Agar memberikan kesan terbaik, masyarakat cenderung memperhatikan lebih penampilan mereka untuk menghadiri berbagai kegiatan bukber ini.

“Tingginya antusiasme masyarakat untuk tampil modis saat berkumpul dengan teman maupun kerabat dalam bukber tercermin dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa fesyen menjadi salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat melalui Tokopedia selama pertengahan Ramadhan 2023," ungkap Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id. Berikut kiat berbusana keren saat buka bersama:

Baca Juga

1. Tampil lebih elegan dengan sentuhan bohemian

Bohemian merupakan gaya busana, yang terinspirasi dari kaum hippie, yang khas dengan gaya santai dengan sentuhan motif etnik. Agar tampil chic dengan gaya bohemian, masyarakat bisa menggunakan pakaian, seperti dress flowy, blus atau kemeja dengan motif etnik, serta menambahkan aksesoris busana lain, seperti gelang, kalung maupun topi.

 

2. Tambahkan sentuhan eksentrik dengan menggunakan artwear

Artwear merupakan jenis fashion item yang diciptakan dengan konsep seni dan ekspresi kreatif, serta cocok dipakai baik oleh perempuan maupun laki-laki. Masyarakat bisa memilih satu produk artwear yang menjadi fokus perhatian, seperti kaus atau sweater dengan desain unik.

 

3. Makin modis dengan jam tangan lokal

Bukan hanya baju atau sepatu, jam tangan juga bisa jadi fashion item pilihan untuk tampil makin modis. Misalnya, dengan menggunakan jam tangan buatan merek lokal di Tokopedia berdesain khas, seperti jam tangan kayu atau dengan aksen etnik dari Woodka dan Pala Nusantara. “Memakai jam tangan unik karya pelaku usaha lokal bisa menarik perhatian dan menunjukkan kesan menghargai kreativitas dunia fashion dalam negeri,” kata Aldhy.

 

4. Tampil menarik dengan kain khas Indonesia

Untuk inspirasi busana kekinian lainnya, masyarakat bisa memakai kain khas Indonesia, seperti songket, batik dan tenun, sebagai statement piece untuk dipadupadankan dengan pakaian yang lebih kasual. Selain menjadikan penampilan makin unik, ini bisa mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia.

“Antusiasme masyarakat berbelanja produk fashion kain lokal makin meningkat di bulan puasa. Buktinya, kami mencatat produk, seperti songket, tenun dan batik, mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 35 persen,” jelas Aldhy.

Masyarakat bisa membeli atasan, bawahan, aksesori fesyen, misalnya bandana, scarf dan lain-lain, yang terinspirasi warisan budaya Indonesia dari para pelaku usaha lokal.

 

5. Nostalgia dengan busana jadul ala Y2K

Y2K adalah tren busana yang terinspirasi dari mode akhir 1990-an dan awal 2000-an dengan nuansa penuh warna, gaul dan ceria. Gaya Y2K biasanya memiliki tampilan yang nyentrik dengan kaus dan celana kargo yang dipadukan dengan sneakers atau platform shoes besar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement