Kamis 06 Apr 2023 13:31 WIB

Bikin Rumah Kecil dan Sempat, Hindari 7 Kesalahan Ini

Untuk ruang lebih kecil, itu berarti harus membuat pilihan desain yang terbuka.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pilih warna yang terang agar dapat menghadirkan interior rumah yang lebih luas/ilustrasi.
Foto: PxHere
Pilih warna yang terang agar dapat menghadirkan interior rumah yang lebih luas/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membiarkan sebanyak mungkin cahaya alami masuk ke dalam rumah merupakan bonus bagi banyak pemilik rumah karena dapat membantu membuat ruangan terasa terang dan lapang. Namun, kesalahan desain interior tertentu dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil dan terkesan gelap.

“Penting untuk mendekorasi rumah agar sesuai dengan ukurannya, dan bagi kita yang memiliki ruang lebih kecil itu berarti harus membuat pilihan desain yang terbuka untuk membuka kamar kita dan membuatnya terasa ringan dan lapang,” kata Nic Shacklock dari Online-Bedrooms, dilansir dari Express, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga

Ia telah melihat banyak kesalahan desain yang umum dilakukan orang, sehingga mengakibatkan ruang mereka terlihat sangat kecil dan sempit. Menghalangi cahaya alami, memiliki dinding gelap, dan gorden dengan panjang yang salah adalah hal-hal yang membuat ruangan kecil dan terasa agak sempit.

“Beberapa tip utama saya untuk membuat ruang kecil terasa lebih besar adalah memilih tirai dari lantai ke langit-langit, yang dimulai dari bagian paling atas dinding dan memakai sekitar dua hingga tiga warna per kamar,” papar Shacklock. 

Berikut ini adalah tips lainnya:

1. Memiliki terlalu banyak pola

Menurut para profesional, mendesain terlalu banyak pola ke dalam satu ruangan dapat membuat ruang tampak sempit, terutama jika awalnya memang sudah kecil. Ini dapat membuat ruangan tampak lebih kecil dari aslinya, yang jauh dari ideal jika mencoba membuatnya terlihat lebih besar. Jika Anda termasuk pecinta pola, pilihlah pola yang lebih besar dan lebar yang akan membuat ruangan terlihat lebih luas dipandang mata.

 

2. Dinding gelap

Pakar menjelaskan bahwa dinding yang gelap dapat membuat ruang tampak lebih kecil dari aslinya dan dapat membuat keseluruhan ruangan terlihat sempit. Memilih warna yang lebih terang akan menambah kesan terbuka dan lapang. Cobalah warna putih dan krem, serta dengan dinding aksen tambahan.

 

3. Terlalu banyak furnitur

Pakar interior mengatakan terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan, termasuk kamar tidur, akan membuat sempit. Jika membuat setiap sudut ruangan penuh dengan furnitur tentu bisa membuat ruangan terlihat sesak dan berantakan. Coba sebarkan furnitur dan manfaatkan hal-hal seperti lemari pakaian untuk memaksimalkan penyimpanan.

 

4. Panjang gorden

Gorden bisa membuat ruangan terasa hangat dan nyaman, apalagi saat di luar sedang dingin. Namun, jika digantung tepat di atas garis jendela, bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil. Sebagai gantinya, gantung gorden di dekat langit-langit. Ini akan membantu menciptakan ketinggian yang besar dan membuat ruangan terasa lebih luas dan lebih besar.

 

5. Menggunakan terlalu banyak warna dalam satu ruang

Para ahli mengatakan bahwa dengan menambahkan semburat warna ke rumah adalah cara yang bagus untuk memberikan karakter. Namun, terlalu banyak warna di satu tempat bisa membuatnya terlihat ramai dan penuh sesak. Pilih dua hingga tiga warna per ruangan dan pastikan keduanya saling melengkapi.

 

6. Lorong berantakan

Saat ruangan berantakan, biasanya akan lebih mudah untuk menumpuk barang di area seperti lorong. Namun, jangan lupa area rumah ini menentukan atmosfer seluruh rumah. Artinya, penting untuk menjaganya tetap bagus dan rapi, berfungsi sebagai jalan untuk tamu dan penghuni.

Jika memang suka menyimpan barang di lorong, pilihlah tempat penyimpanan yang sesuai sehingga  barang-barang pribadi rapi dan tidak terlihat. Para ahli mengatakan memiliki rak sepatu terbuka dan mantel yang dipajang dapat segera membuat ruang tampak kecil dan membuatnya terlihat penuh.

 

7. Menempatkan furnitur di depan jendela

Pakar kamar tidur mengatakan bahwa memberikan banyak cahaya alami adalah salah satu cara utama untuk memastikan rumah terasa terbuka, terang, dan lapang. Menempatkan furnitur di depan jendela menghalangi cahaya alami, membuat ruangan terasa lebih kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement