Ahad 02 Apr 2023 15:21 WIB

Anak Butuh Kejar Tumbuh, Makanan Seperti Apa yang Dibutuhkan?

Buku resep The Winners Recipe juga memuat makanan untuk anak kejar tumbuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas mengukur tinggi badan anak. Orang tua harus mengoptimalkan kejar tumbuh pada anak di atas usia satu tahun dengan memberikan formula makanan padat nutrisi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas mengukur tinggi badan anak. Orang tua harus mengoptimalkan kejar tumbuh pada anak di atas usia satu tahun dengan memberikan formula makanan padat nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang tua yang memiliki anak berusia di atas satu tahun mungkin pernah mengalami keresahan karena berat badan anak yang stagnan. Gangguan pertumbuhan memang merupakan salah satu dampak masalah nutrisi pada anak yang cukup sering ditemui.

Pemantauan tumbuh kembang secara rutin dapat secara dini mendeteksi perlambatan pertumbuhan yang mungkin terjadi. Dengan begitu, dapat dilakukan intervensi nutrisi secara tepat oleh profesional medis.

Baca Juga

Orang tua direkomendasikan untuk menyediakan makanan dengan gizi lengkap dan seimbang untuk anak, termasuk protein hewani. Jika dibutuhkan serta atas rekomendasi dokter anak, formula padat nutrisi yang termasuk Pangan olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK) bisa menjadi pelengkap nutrisi harian untuk mendukung kejar tumbuh anak dengan gangguan pertumbuhan.

Dokter spesialis anak Yoga Devaera menjelaskan, pemenuhan nutrisi anak yang terdiagnosis mengalami perlambatan pertumbuhan memiliki tantangan tersendiri. Masalah yang kerap dialami orang tua yakni anak yang enggan makan atau makan dalam jumlah sedikit, sehingga memberikan makanan yang padat gizi menjadi salah satu solusi.

"Penggunaan PKMK (formula padat nutrisi) sebagai tambahan nutrisi untuk kejar tumbuh anak harus atas rekomendasi dokter anak," kata Yoga.

Persoalannya, jika disajikan dalam bentuk yang sama, terkadang anak menjadi bosan. Oleh karena itu, kreativitas dalam menyajikan variasi menu menjadi penting, menurut Yoga.

Menjawab tantangan tersebut, Nutricia meluncurkan buku resep makanan bertajuk The Winner’s Recipe. Tujuannya, mengajak orang tua mengoptimalkan kejar tumbuh pada anak di atas usia satu tahun yang direkomendasikan mengonsumsi formula padat nutrisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement