Jumat 31 Mar 2023 12:50 WIB

Mengapa Oralit tidak Dibutuhkan Orang yang Berpuasa?

Belakangan, beredar tips cegah dehidrasi saat puasa dengan minum oralit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih (Ilustrasi). Mengonsumsi oralit atau obat untuk diare saat sahur dan berbuka tidak diperlukan oleh orang yang berpuasa.
Foto:

Sementara itu, oralit adalah suatu cairan yang komposisinya adalah natrium klorida dan gula. Oralit dapat dibuat sendiri dengan melarutkan garam dan gula.

Dokter Tan menjelaskan oralit diperuntukkan untuk rehidrasi pada kasus tertentu, misalnya orang-orang yang mengalami dehidrasi akut. Dehidrasi akut itu salah satunya adalah Anda mengalami dehidrasi berat.

Dehidrasi berat itu bukan sekedar airnya yang hilang, tetapi juga banyak sekali elektrolit yang keluar dari tubuh. Sedangkan saat berpuasa, Anda tidak mengalami hal itu.

"Jadi (puasa) itu bukan suatu kondisi kelaparan yang akut, bukan suatu kondisi  dehidrasi yang akut," kata Tan yang menjalankan Dr Tan & Remanlay Institute.

Dokter Tan mengingatkan bahwa oralit tetap tidak bisa memenuhi kebutuhan manusia. Manusia tetap butuh asupan gizi dari makanan.

"Alangkah baiknya kalau perayaan keagamaan ini, menyongsong Idul Fitri, dengan cara-cara yang memang di sunnahkan Rasulullah," ujar dokter Tan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement