Kamis 30 Mar 2023 17:45 WIB

Tips Agar Anak Siap Memasuki Sekolah Dasar

Jangan lupa menikmati setiap proses dengan anak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu membacakan buku cerita kepada anaknya yang masih usia prasekolah. (Ilustrasi).  Tanamkan dan biasakan anak untuk menyukai literasi dengan mengondisikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini penting untuk membuat anak kelak siap masuk sekolah dasar.
Foto:

4. Lakukan stimulasi tumbuh kembang dengan baik di seluruh aspek tumbuh kembang (wicara, kognitif, motorik, dan sosial emosi) di dalam keseharian (pendidikan rumah) dan berkesinambungan dengan persiapan yang dilakukan di sekolah (Pra TK–TK).

5. Lakukan pengecekan tumbuh kembang secara berkala, termasuk di dalamnya pengecekan keterampilan belajar usia dini dan kesiapan bersekolah. Lakukan stimulasi tumbuh kembang di rumah maupun di sekolah sesuai dengan hasil dari pengecekan tersebut sehingga dampingan tumbuh kembangnya sesuai dengan kebutuhannya untuk bersekolah nanti.

6. Jangan lupa menikmati setiap proses dengan anak. Selain menguatkan rasa aman dan jati dirinya, anak akan mengasosiasikan belajar sebagai hal yang selalu menyenangkan, orang tua juga perlu membangun relasi yang kuat, sehat, dan baik dengan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement